Breaking News:

Santri di Ponpes Al-Ghazaly Sukses Kembangkan Hidroponik, Kirim Sayuran hingga ke Luar Kota

Santri di Pondok Pesantren Al-Ghazaly, Taman Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor sukses menjalankan sistem pertanian hidroponik.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pengelola hidroponik berbasis santri di ABN Farm sedang melakukan perawatan tanaman bayam di green house diPondok Pesantren Al Ghazaly, Taman Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Santri di Pondok Pesantren Al-Ghazaly, Taman Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor sukses menjalankan sistem pertanian hidroponik dengan menggunakan konsep green house.

Kegiatan pertanian hidroponik di Kelompok tani Abdullah Bin Nu Farm (ABN Farm) yang berbasis santri ini, diawali dari adanya dukungan dari Bank Indonesia (BI) untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 dengan menumbuhkan kemandirian pangan para santri yang nantinya bisa digunakan untuk kegiatan para santri.

Pemberian bantuan tersebut diawali dari pengajuan proposal ketika tahun 2019, dan disambut baik oleh BI dengan membetikan bantuan berupa perlengkapan green house.

Setelah berjalan sekian bulan Pondok Pesantren pimpinan Ustadz Turmudi ini sukses mengembangkan sistem pertanian hidroponik.

Seorang pengelola green house yang juga mondok di Ponpes Al-Ghazaly, Ferdy menceritakan proses pertabian hidroponik awalnya dimulai dari tiga baris meja yang kemudian saat ini sudah sirkulir seluruh green house terisi.

"Iya awalnya percobaan itu hanya sedikit, ada berbagai pembelajaran dan penyesuaian yang kita lakukan dengan menjalankan sistem ini sampai akhirnya kita menemukan pola dan konsep yang pas," ujarnya Rabu (27/10/2021).

Setelah hidroponik berkembang proses pemasaran pun sempat mengalami kendala.

Bahkan karena panen yang melimpah, hasil panen pun sempat dibagikan ke warga, orangtua murid dan para santri karena memang pasar hidroponik belum begitu meluas.

Namun setelah berjalannya waktu, ABN Farm ini sudah dikenal beberapa kalangan hingga akhirnya menyuplai sayuran hidroponik ke luar kota.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved