Breaking News:

Kembangkan Transportasi Massal, BPTJ Harap Pemkot Bogor Buat Kebijakan Push Policy

Rencananya layanan angkutan umum massal dengan konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Bogor akan diluncurkan Selasa (2/11/2021) besok.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
Humas BPTJ
Kepala BPTJ Polana B. Pramesti 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan melakukan pengembangan transportasi massal di Kota Bogor berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor.

Rencananya layanan angkutan umum massal dengan konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Bogor akan diluncurkan Selasa (2/11/2021) besok.

Layanan bus yang disepakati bernama Biskita Transpakuan tersebut merupakan bagian dari program subsidi Pemerintah Pusat dalam hal ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan untuk pengembangan transportasi massal di wilayah Bodetabek (Bogor-Depok-.Tangerang-Bekasi).

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan program subsidi pengembangan angkutan umum massal di wilayah Bodetabek telah menjadi perhatian BPTJ sejak lama, namun baru pada tahun 2021 program tersebut dapat direalisasikan dengan Kota Bogor sebagai Pilot Project.

“Subsidi diberikan dalam bentuk skema Buy The Service atau sering disebut BTS, dimana berbagai tahapan harus dilakukan sebelum skema ini dapat diterapkan,” jelas Polana.

Ia melanjutkan, tahap awal implementasi skema BTS adalah pemilihan operator layanan yang dilakukan melalui proses pelelangan.

Operator yang memenangi lelang ini harus mampu menyiapkan dan menyelenggarakan layanan dengan standar pelayanan Bus Rapid Transit dimana kemudian biaya operasionalnya dibeli/dibayar sebagai subdisi dari Pemerintah Pusat.

Terpilih sebagai operator melalui proses pelelangan adalah Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) yang merupakan BUMD Kota Bogor yang melakukan kerjasama dengan PT. Kodjari Tata Angkutan dan Lorena.

Standar pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) yang harus dipenuhi operator layanan ini meliputi berbagai aspek seperti keselamatan, kenyamanan dan kemudahan pelayanan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved