Breaking News:

Ridwan Kamil Jadi Kandidat Kuat Calon Presiden 2024 Berdasarkan Hasil Survei

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masuk dalam survei kandidat calon Presiden pada Pilpres 2024.

Editor: Damanhuri
Dokumentasi Pemkab Bogor
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Jasinga, Kabupaten Bogor dalam rangka penyerahan berkas usulan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masuk dalam survei kandidat calon Presiden pada Pilpres 2024.

Peneliti Politik dan Kebijakan Publik Mandala Research Institute, Eko Sri Raharjo mengatakan, dari sejumlah nama beken yang digadang menjadi kandidat kuat pada bursa pencalonan presiden mendatang.

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selalu muncul dalam survei bursa calon presiden (Capres) dan wakil presiden Pilpres 2024.

Menurutnya, peluang Ridwan Kamil terbilang cukup besar.

Dalam sejumlah jajak pendapat atau survei publik dalam beberapa waktu terakhir, kadar popularitas dan elektabilitasnya hampir selalu masuk dalam peringkat lima besar.

Bersama sosok-sosok kandidat populer lainnya seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, nama Ridwan Kamil menunjukan tren peningkatan.

Popularitas Ridwan Kamil juga mengungguli kandidat lainnya. Seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menparekraf Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian yang sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Mensos Tri Rismaharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dari hasil survei publik yang dikeluarkan oleh lembaga survei Poltracking Indonesia, yang dirilis pada 25 Oktober lalu dengan 1.200 responden elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 4,1 persen.

Di bawah Ganjar Pranowo (22,9 persen), Prabowo Subianto (20 persen) dan Anies Baswedan (13,5 persen).

"Memang semuanya masih sebatas angka atau statistik. Namun dari sisi tabungan sosial dan politik, sebagai kepala daerah dengan populasi penduduk terbesar di Indonesia, potensi untuk menaikkan daya saing seorang Ridwan Kamil sangat dimungkinkan," katanya, Jumat (5/11/2021).

Eko menilai, 3 tahun jelang Pilpres 2024 dirasa menjadi waktu yang strategis bagi Ridwan Kamil untuk merebut perhatian publik.

Terlebih, pria yang akrab disapa Kang Emil ini tergolong bersih dari dinamika politik yang ada.

Sehingga kans baginya untuk menjadi orang nomor satu di Tanah Air masih terbuka lebar.

"Jika memang Kang Emil berencana melenggang dan bertarung dalam kontestasi politik 2024, tentunya sebagai simbolisasi dari representasi masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved