Breaking News:

IPB University

Peneliti CARE IPB University Ajak Milenial Promosikan Pariwisata Desa Lewat Media Digital

media digital yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi antara lain website, youtube, facebook, instagram, twitter, whatsapp serta tiktok.

Fisika.ipb.ac.id.jpg
Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pengguna media sosial di Indonesia saat ini sekitar 170 juta orang atau sekitar 62 persen dari jumlah penduduk.

Ini menunjukkan bahwa media sosial sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi, termasuk promosi pariwisata pedesaan. 

Hal ini disampaikan Adi Firmansyah, SP, MSi, peneliti Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) IPB University dalam Webinar Literasi Digital Bagi Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

“Daya tarik pedesaan berupa keunikan, keindahan dan keanekaragaman kekayaan alam dan budaya, memiliki nilai yang tinggi untuk menarik wisatawan. Dan ini dapat diperkuat lagi melalui promosi dengan memanfaatkan media digital atau media sosial,” papar Adi Firmansyah yang saat ini menjadi mahasiswa doktoral Sekolah Pascasarjana IPB University

“Di era digital seperti sekarang ini, kaum milenial sebagai penggerak pariwisata desa, perlu memanfaatkan media digital untuk promosi pariwisata desa. Pengembangan desa wisata akan memberikan multiplier effect untuk menggerakkan ekonomi pedesaan”, ujar Adi, yang juga merupakan penggiat pemberdayaan masyarakat dan literasi digital.

Menurutnya, media digital yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi antara lain website, youtube, facebook, instagram, twitter, whatsapp serta tiktok.

Selain itu, ada banyak kelebihan berpromosi melalui media digital.

Seperti, biaya promosi lebih hemat, dapat menjangkau konsumen yang lebih luas serta dapat mengukur dampak dari promosi tersebut secara real time.

Adi juga memberikan tips cara mempromosikan pariwisata pedesaan melalui media digital.

Yaitu maksimalkan konten digital, baik secara visual maupun audivisual yang mengangkat daya tarik wisata pedesaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved