Breaking News:

Sambut Hari Pahlawan, Paguyuban Asep Dunia Kenalkan Budaya Indonesia Pada Jambore Asep

Paguyuban Asep Dunia merupakan perkumpulan dari nama Asep yang berada di Indonesia bahkan dunia.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
paguyuban Asep Dunia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIOMAS - Paguyuban Asep Dunia merupakan perkumpulan dari nama Asep yang berada di Indonesia bahkan dunia.

Paguyuban ini berdiri sejak tahun 2010 silam berawal dari salah satu komentar di Facebook 'how many names Asep in the world?' oleh akun Asep Iwan Gunawan.

Respon dari komentar tersebut sangat banyak hongga pada tahun 2015 diselenggarakan konferensi Asep-asep di Gedung Merdeka Bandung

Dewan Pembina Paguyuban Asep, Asep Rakhmat mengatakan ingin melestarikan nama Asep karena sudah banyak nama Asep tidak hanya laki-laki bahkan perempuan.

"Karena Asep sudah diakui menjadi budaya Sunda, yang terhitung lebih dari 8000 member" ungkapnya kepada TribunnewsBogor.com, di Saung Jurasep, jalan Villa Ciomas nomor 5, Kelurahan Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Senin (8/11/2021).

Paguyuban Asep Dunia ini akan mengadakan Jambore Asep yang kedua pada tanggal 9-10 November di Kebon Camara Hejo, jalan Dukuh Manis, Ciapus Kompas nomor 15, Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Ketua DPW Pakuan Padjajaran Paguyuban Asep Dunia, Asep Hendarman mengatakan kegiatan Paguyuban Asep ini guna mengangkat budaya, menjaga dan melestarikan budaya.

"Pada hari Selasa dan Rabu akan ada jambore Asep yang di mana akan ada upacara hari sumpah pemuda, pelantikan kepengurusan paguyuban Asep Dunia dan kesenian tradisional," paparnya.

Terhitung sudah 80 keluarga Asep yang terdaftar pada jambore Asep.

Asep Hendrawan menambahkan pelantikan DPW Pakuan Padjadjaran ini meliputi kabupaten dan kota Bogor, Sukabumi, Depok serta Cianjur.

"Paguyuban Asep Dunia memiliki program-program yang bermanfaat untuk Indonesia dengan tagline 'Salam Takaki' ti aAsep, ku Asep, keur Indonesia (dari Asep, oleh Asep, untuk Indonesia) guna mengangkat budaya bangsa agar semua orang tahu," jelasnya.

Jambore Asep akan menampilkan kesenian tradisional yang diantaranya tari jaipong, alat musik kecapi dan borangan (ngabodor sorangan) seperti stand up komedi.

Kepala Departemen Sosial Budaya DPP Asep Dunia, Asep Serdadu menjelaskan jambore sekarang acaranya lebih beragam, akan ada upacara 10 November, pelantikan, ada launching bakti Asep untuk Indonesia, bakti agama, bakti sosial budaya, bakti ekonomi dan dan bakti pendidikan.

"Dalam waktu dekat akan launching Barbersep di Bogor, guna memperdayakan salah satu orang yang bernama Asep untuk kebutuhan ekonominya," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved