Info Kesehatan

Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur di Malam Hari, Coba Hirup Aroma Lavender Hingga Mawar

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menciptakan lingkungan yang mendukung untuk tenang dan tertidur.

Editor: Damanhuri
red.com
insomnia 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Susah tidur di malam hari adalah masalah yang dialami oleh banyak orang.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menciptakan lingkungan yang mendukung untuk tenang dan tertidur.

Misalnya, mematikan lampu kamar, mengatur suhu ruangan agar terasa sejuk, tidur di tempat yang hening, latihan pernapasan, mematikan ponsel, dan lainnya.

Namun, cara lain yang juga bisa kamu lakukan ketika memiliki masalah susah tidur di malam hari adalah dengan mencium aroma-aroma tertentu.

Faktanya, menurut para pakar aromaterapi, memang ada beberapa aroma yang bisa membuat kita tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Berikut beberapa aroma yang diyakini bisa membantumu tidur lebih cepat di malam hari, seperti dihimpun dari sejumlah sumber:

1. Lavender

Kekuatan aroma lavender memang terkenal mampu membantu orang untuk tidur nyenyak.

Aroma ini membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang.

Aroma lavender juga mendukung pernapasan kita, maksudnya dapat membantu kita bernapas lebih dalam dan tenang. Kondisi itu membuat kita lebih mudah untuk beristirahat.

Selain menyebarkan aroma minyak esensial lavender, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara lain seperti membeli semprotan bantal aroma lavender, minum teh lavender, hingga mandi dengan produk-produk beraroma lavender.

2. Mawar

Penelitian mengungkapkan bahwa aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres.

Penelitian juga menemukan bahwa aroma ini bisa meningkatkan kemampuan belajar ketika kita tidur.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved