Breaking News:

Dorong Peningkatan Kebutuhan Pangan, IPB University Berikan Penghargaan Kepada Pemulia Tanaman 

Penghargaan ini bernama Indonesian Breeder Award Tahun 2021 merupakan kali keduanya diselenggarakan yang sebelumnya pada tahun 2019.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Pemulia Tanaman diberikan penghargaan oleh EWINDO, IPB university dan PERIPI pada acara Indonesian Breeder Award ke-2 Tahun 2021 di Ballroom 3 IPB Internasional Convention Center, Botani Square. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - PT East West Seed Indonesia (EWINDO) bekerja sama dengan IPB University dan Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI) untuk berikan penghargaan kepada 10 orang pemulia tanaman di Indonesia.

Penghargaan yang dilaksanakan di Ballroom 3 IPB Internasional Convention Center (IICC), Botani Square lantai 1, Jalan Raya Pajajaran No.40, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Penghargaan ini bernama Indonesian Breeder Award Tahun 2021 merupakan kali keduanya diselenggarakan yang sebelumnya pada tahun 2019.

Deputy Managing Director EWINDO, Afrizal Gindow mengatakan pemulia tanaman adalah kunci dalam menyediakan varietas unggul.

"Pemulia tanaman juga dapat menjadi pilar terwujudnya kedaulatan pangan sekaligus memberikan nilai tambah dan kesejahteraan bagi petani," ungkapnya kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (16/11/2021).

Sebanyak 10 pemulia tanaman dari berbagai wilayah di Indonesia yang mendapat penghargaan diantaranya dari kelompok Social Benefit, Economic Benefit, Technology, Lifetime Achievement, Sriani Sujiprihati Award, Achmad Baihaki Award dan Konservasi plasma nutfah.

Ketua Umum Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI), Muhamad Syukur menjelaskan penghargaan ini diberikan selama dua tahun sekali, untuk tahun ini diberikan pada pemulia tanaman.

"Ke depannya akan ada pemulia ternak dan ikan, semua pemulia akan diberikan penghargaan, karena sudah menghasilkan varitas yang digunakan oleh petani," jelasnya.

Pemulia tanaman ini diharap untuk mendorong peningkatan kebutuhan pangan di Indonesia.

Terhitung jumlah pemulia tanaman di Indonesia sebanyak 1.000 orang dengan pemulia aktif berjumlah 250 orang.

Wakil Rektor IPB, Drajat Martianto menambahkan tanpa adanya sinergi antar perguruan tinggi dan peneliti tidak akan maju.

"Indonesia punya masalah dengan pangan, 95 persen masyarakat Indonesia kekurangan konsumsi sayuran dan buah-buahan, maka dari itu penghargaan ini adalah bukti dari peran serta masyarakat, harus diapresiasi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved