Breaking News:

Pastikan Limbah B3 Tidak Tercemar, PPLI Jalin Kerja Sama dengan KAI Logistik

PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Jumat (19/11/2021) resmi menjalani kerja sama dengan PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dalam pengirima

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Damanhuri
Dokumen PT PPLI
Penandatanganan kerja sama terkait pengiriman limbah logistik 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, KLAPANUNGGAL - PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Jumat (19/11/2021) resmi menjalani kerja sama dengan PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dalam pengiriman limbah B3.

Manajer Humas PPLI, Arum Tri Pusposari mengatakan, percepatan pengirimian limbah sekaligus terkait keamanannya termasuk hal utama yang dilakukan sehingga PT KAI Logistik dianggap tepat sebagai moda transportasi yang dipilih.

"Untuk itu hari ini PPLI menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak usahanya PT Kereta Api Logistik ( KAI Logistik ) dalam pengiriman limbah B3" ujarnya di gedung Training Center PPLI di Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Kerja sama ini, lanjut Arum adalah kelanjutan dari kerja sama sebelumnya telah terlaksana.

"Kali ini kerja sama dilakukan untuk periode lima tahun mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, Manajer Pengadaan PT PPLI, Didik Sapto menegaskan penggunaan kereta logistik tersebut selain lebih efisien karena selain cepat dan tepat waktu, dengan moda kereta api bisa lebih banyak Limbah B3 yang diangkut dalam sekali perjalanan.

"Dengan moda kereta api cenderung lebih aman karena jalurnya bersifat khusus dengan prioritas akses jalan tertinggi diantara kendaraan lainnya," jelasnya.

Selain itu, Plt Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah menyambut baik kerja sama yang terwujud antara PPLI dan KAI Logistik

"KAI Logistik mengucapkan terima kasih kepada PPLI karena kami kembali dipercaya untuk pendistribusian limbah B3 melalui moda kereta api, sebagai penyedia logistik limbah B3 yang telah mengantongi perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Kementerian Perhubungan RI, kami memastikan bahwa keamanan dan keselamatan menjadi perhatian utama dari layanan yang kami tawarkan” tegasnya.

Terkait keamanan dan keselamatan, Malik menegaskan, KAI Logistik menerapkan prosedur khusus di antaranya penugasan pengawalan personil tersertifikasi di gerbong khusus yang diikutkan dalam setiap perjalanan , pemeriksaan di cek poin yang tersebar di Cepu, Semarang, Tegal, Cirebon dan Arjawinangun.  

"Kami juga memiliki tim tanggap darurat yang akan bertindak secara cepat pada setiap kejadian tidak terduga dan melengkapi emergency shelter dengan fasilitas spill kit untuk penanganan limbah,” tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved