Breaking News:

Banyak Diminati karena Hasil Pemanggangan Kopinya, Harlan by Retto Kenalkan Kopi Produk Rumahan

Pencinta kopi manual brew di Bogor tentunya mencari rasa yang nikmat dengan kualitas pemanggangan biji kopi yang pas.

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Ayi Prayudha pemilik kedai kopi Harlan by Retto sedang membuat kopi manual brew di dapur kedainya, di Bantarjati, Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Pencinta kopi manual brew di Bogor tentunya mencari rasa yang nikmat dengan kualitas pemanggangan biji kopi yang pas.

Seperti Harlan by Retto, di Jalan Kresna Raya No. 31, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, yang menyuguhkan kopi andalannya dengat cita rasa yang berbeda.

Harlan by Retto yang baru berdiri pada pertengahan tahun 2021 ini menyuguhkan kopi dari hasil panggangannya sendiri.

Pemilik Kedai Kopi Harlan by Retto, Ayi Prayudha mengatakan mulanya pada tahun 2016 Retto kopi ini membuat kopi susu gula aren yang saat itu belum booming di Bogor dan di pasarkan ke kedai-kedai kopi.

"Retto kopi merupakan produk asli rumahan, yang saat itu hanya produksi 20 kemas botol saja," ungkapnya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (22/11/2021).

Hasil pemanggangan kopi Retto dari biji kopi yang dipetik langsung oleh petani kopi di Puncak Bogor ini hasilnya banyak diminati oleh beberapa kopi shop di Bogor.

Harlan by Retto kedai yang memiliki konsep rumahan ini memiliki kisaran harga kopi Rp5 ribu sampai Rp25 ribu dan terdapat 6 biji kopi yang dijual dari ukuran 100 gram hingga 1 kilo dari harga Rp11 ribu hingga Rp235 ribu untuk biji kopi.

Kedai kopi Harlan by Retto, di Jalan Kresna Raya No. 31, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.
Kedai kopi Harlan by Retto, di Jalan Kresna Raya No. 31, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas)

Ayi berkata di kedai ini kopi manual brew yang menjadi andalannya.

"Kopi-kopi yang terdapat di Harlan by Retto ada Robusta Bogor, Solok minang, Solok Pixel, Toraja, Bondowoso Ijen, dan Aceh Gayo," ujarnya.

Jam operasional Harlan by Retto pada hari Senin sampai Kamis dari pukul 10.00 hingga 18.00 sedangkan Sabtu dan Minggu pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

Selain kopi, Harlan by Retto terdapat menu non kopi seperti Thai Tea dan Aromatic Squash dengan kisaran harga Rp 6.000 - Rp8.000, lalu untuk makanannya dari Rp10 ribu hingga Rp 20 ribu.

Ia menjelaskan Retto kopi ini memiliki kopi buatan sendiri yang dikemas sachet, bernama kopi pagi dan dijual dengan harga Rp 3.000 ribu per sachet.

"Yang membedakan Harlan by Retto dengan tempat lain yaitu kopinya yang dipanggang sendiri dan disini juga menerima jasa roasting kopi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved