Breaking News:

Tekan Angka Stunting di Bogor, PLKB Cijeruk Gelar Orientasi Pendampingan Keluarga

Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, gelar orientasi pendampingan keluarga guna menekan angka stunting

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Tim Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Gelar Orientasi Pendampingan Keluarga Guna Menakan Angka Stunting di Wilayaj Cijeruk, Senin (22/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIJERUK- Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, gelar orientasi pendampingan keluarga guna menekan angka stunting di wilayah Cijeruk, Senin (22/11/2021).

Adapun orientasi ini ditujukan kepada 161 orang yang terbagi menjadi 71 Tim Pendamping Keluarga (TPK) serta dibagi dalam beberapa bidang mulai dari bidan desa, PKK, dan kader Keluarga Berencana (KB) serta digelar selama 5 hari.

“Nantinya bidan sebagai kordinator memberikan pelayanan kesehatan. Untuk kader PKK,memberikan pelayanan berupa mediator,atau pelayanan-pelayanan keluarga,dan untuk Kader KB,mencatat atau melaporkan hasil pendampingan keluarga kepada kita sebagai Korlap PLKB. Semua  ini agar kesehatan ibu hamil,serta tumbuh kembang anak dapat di pantau sehingga dapat mengurangi angka stunting,” ucap Isnah Sumartinah selaku Kepala Koordinator Lapangan PLKB Cijeruk.

Lebih jelas ia mengatakan, guna memaksimalkan semuanya,  kompisisi tim yang terbentuk akan di kolaborasikan dengan tenaga kesehatan lainnya.

“Dalam berbagai kondisi komposisi tim ini melibatkan juga bidan,perawat,atau bidang kesehatan lainya. Nantinya akan mendampingi keluarga. Sehingga memiliki peranan yang berbeda, sehingga  bermanfaat pus/catin, bumil, batuta, balita, dan ibu pasca melahirkan,” tambahnya.

Adapun untuk pendampingan-pendampingan tersebut dibagi dalam beberapa tahapan. 

Hal itu menurut Isna dilakukan guna semua berjalan lancar tanpa halangan.

“Untuk pendampingan ibu hamil akan dilaksanakan selama 8 bulan,dan pendampingan keluarga akan dilaksanakan secara berkala sesuai kebutuhan. Sehingga bisa berjalan lancar, dan kedepanya dapat bermanfaat bagi keluarga khususnya ibu hamil,Batuta,balita,dan calon pengantin,sehingga angka penurunan stunting dapat terus ditekan,dan tidak ada lagi adanya stunting di Kecamatan Cijeruk,” tutupnya.

 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved