Breaking News:

Ini Hasil Penelitian Awal Night Botanical Platform Konservasi dan Glow di Kebun Raya Bogor

Secara bertahap Brin melakukan tiga penelitian mengenai perubahan karakteristik hewan dan tumbuhan dari faktor cahaya, polusi udara, dan polusi suara.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
Ist dokumen Kebun Raya Bogor
Badan riset dan inovasi nasional (Brin) melakukan riset tiga penelitian lintas bidang dengan memanfaakan platform riset Brin di Kebun Raya Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Badan riset dan inovasi nasional (Brin) merilis tiga penelitian lintas bidang yang memanfaakan platform riset Brin di Kebun Raya Bogor melalui surat NO. 194/SP/HM/BKPUK/XI/2021.

Secara bertahap Brin melakukan tiga penelitian mengenai perubahan karakteristik hewan dan tumbuhan dari faktor cahaya, polusi udara, dan polusi suara.

Penelitian yang dilakukan di area Kebun Raya Bogor tersebut dilakukan oleh lintas bidang organisasi riset (OR) Brin bersama IPB University.

Penelitian dilakukan sejak September 2021 dengan memanfaatkan platform riset di area Kebun Raya Bogor.

Plt Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor BRIN Sukma Surya Kusumah mengatakan, ada tiga riset yang dilakukan untuk melihat perubahan karakteristik hewan dan tumbuhan.

Dalam perkembangannya, para periset BRIN berkolaborasi dengan peneliti dari IPB University.

Sukma menjelaskan, desain penelitian pertama mengenai topik permodelan spasial dampak cahaya malam buatan terhadap kesehatan tumbuhan menggunakan unmanned aerial vehicle dan pembelajaran mesin (Studi Kasus Kebun Raya Bogor).

Ia menyebutkan, penelitian akan mengidentifikasi area dan tumbuhan yang terpapar cahaya malam buatan baik dari dalam maupun luar kawasan Kebun Raya Bogor, menganalisis dampak cahaya malam buatan terhadap kandungan klorofil dan nitrogen pada daun tumbuhan yang terpapar

Selain itu juga penelitian mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dampak cahaya malam buatan terhadap tumbuhan membangun model spasial kerentanan tumbuhan terhadap cahaya malam buatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved