Breaking News:

Pastikan Tak ada Penyekatan Selama Libur Nataru, Polisi : Disesuaikan dengan Kondisi di Wilayah

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pada masa liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, sebagian besar wilayah di Indonesia.

Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Sejumlah pengendara sepeda motor maupun mobil nekat membahayakan diri sendiri dengan menerobos penyekatan dan melintasi jalur berlawanan arah, di Simpang Tugu Kujang, Kamis (8/7/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pada masa liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, sebagian besar wilayah di Indonesia.

Merespons adanya aturan tersebut, Polri menyiapkan pola operasi pengamanan untuk menanggulangi potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), namun tidak menerapkan penyekatan wilayah.

"Pola yang dilakukan nanti sedang disiapkan oleh staf operasi di SOP. Namun kita tidak melakukan penyekatan tapi mengoptimalkan pengamanan dalam rangka pengamanan nataru," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat ditemui awak media, Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut kata Ramadhan, nantinya terkait pola pengamanan kamtibmas tersebut penerapannya akan menyesuaikan dengan situasi dan kebutuhan di daerah.

"Menyesuaikan situasi di masing masing, pola pola pengamanannya mengacu situasi daerah ya," tuturnya.

"Kita liat nanti bagaimana setelah surat perintah keluar nanti kita menyesuaikan. Tapi terkait penyekatan kita tidak melakulan penyekatan," tambahnya.

Meski tak melakukan penyekatan termasuk di Jakarta, namun Ramadhan memastikan untuk pengamanan di wilayah akan dilakukan secara optimal.

Baca juga: Akan Diumumkan Sebelum Natal, Sirkuit Formula E Kabarnya Akan Berlokasi di Jakarta Utara

"Secara keseluruhan dalam operasi ini kita tidak melakukan penyekatan tapi mengoptimalkan pengamanan," ucapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan saat ini Polri tengah melakukan pemetaan secara internal terhadap masing-masing wilayah untuk keperluan pengamanan sekaligus mengantispasi lonjakan masyarakat di beberapa wilayah.

Kendati begitu, Ramadhan belum bisa menjelaskan secara detail terkait mekanisme dari pemetaan yang dimaksud, terpenting kata dia, saat ini seluruh nya masih dalam pembahasan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved