Breaking News:

Ikut Ajang Lomba Kreasi Pangan Lokal Nusantara 2021, Milenial Ciptakan Inovasi Makanan Bahan Lokal

Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian mengadakan lomba kreasi pangan lokal nusantara 2021(KPLN).

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
penganugrahan pemenang KPLN 2021 ini juga diumumkan para pemenang juara favorit, juara 1, 2 dan 3, di Ballroom IPB Canvention Center, Botani Square, Jumat (26/11/202 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian mengadakan lomba kreasi pangan lokal nusantara 2021(KPLN).

Setelah melalui proses audisi, pembuatan kreasi sampai pada penjurian belasan kaum milenial lolos ke babak final.

Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Sarwo Edhy mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendukung diversifikasi pangan melalui cipta kreasi aneka olahan pangan lokal dari para generasi milenial.

"Apresiasi saya sampaikan kepada para mahasiswa dan mahasiswi peserta lomba yang kami harapkan kedepannya dapat menjadi agen perubahan dari kalangan milineal, dalam mewujudkan diversifikasi pangan di negeri ini," katanya.

Pada kesempatan itu pihaknya memberikan presiasi kepada tim juri, dan kepada Akademi Kuliner Indonesia (AKI) yang telah bersama dengan Badan Ketahanan Pangan mewujudkan kegiatan Kreasi Pangan Lokal Nusantara Tahun 2021 dengan slogan “Lokal Rasa Global.

"Kekayaan hayati Negara kita terbesar ketiga di dunia merupakan potensi luar biasa bagi kita bersama untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat. Hal ini mendorong Kementerian Pertanian untuk menjadikan upaya diversifikasi pangan sebagai Cara Bertindak Kedua (CB2) untuk mendukung peningkatan ketersediaan pangan di era normal baru dengan memanfaatkan potensi pangan lokal," katanya.

Sementatara itu Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan pada Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Yasid Taufik mengatakan dalam ajang ini para  mahasiswa kaum milenial berinovasi dalam menciptakan menu yang berasal dari bahan bakunya pangan lokal.

"Yaitu ada singkong ada sukun ada sorgum ada sagu ada talas dan sebagainya dengan bahan baku yang ada dengan bahan baku pangan lokal kita mendorong mahasiswa berkreasi pada event perlombaan itu yaitu pada kreasi untuk menciptakan menu pangan lokal agar tercipta menu pangan lokal yg bergengsi yang kemudian mampu diterima oleh maayarakat," ujarnya.

Tujuan kegiatan ini kata Yasid agar menu pangan lokal yang dihasilkan oleh mahasiswa itu bisa menjadi pilihan menu yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat .

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved