Breaking News:

Tanggapi Teguran Keras Jokowi soal Kapolres dan Kapolda Sowan ke Ormas, Ini Kata Polda Metro

Maraknya aksi kericuhan yang dilakukan oleh organisasi masyarakat atau Ormas membuat presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara.

Editor: Vivi Febrianti
Tribunnews/Jeprima
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Maraknya aksi kericuhan yang dilakukan oleh organisasi masyarakat atau Ormas membuat presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara.

Jokowi menegur keras kepada personel kepolisian yang seringkali berkunjung atau sowan ke tokoh organisasi masyarakat (ormas).

Hal itu ia sampaikan saat pengarahan di Apel Kasatwil Polri di Bali.

Polda Metro Jaya setuju dengan pernyataan presiden.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, pihaknya di PMJ tak segan-segan menindak ormas yang kerap membuat keributan.

Kapolda Metro Jaya juga sudah menyampaikan berulang kali bahwa agenda sowan tidak perlu dilakukan kepada ormas yang membuat keributan.

"Saya rasa itu arahan yang benar, ya. Pak Kapolda Metro juga sering menyampaikan bahwa jajaran di Polda Metro tidak perlu sowan-sowan ke ormas, buat apa kalau mereka sering buat keributan. Kalau ormasnya salah ya tindak, seperti kemarin Pemuda Pancasila salah kita tindak. FBR salah ditindak. Jadi saya setuju tidak perlu sowan-sowan, kalau ada sampaikan ke saya," ujar Zulpan saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Kondisi Terkini Perwira Polisi yang Dikeroyok Ormas Pemuda Pancasila, Alami Hematoma

Zulpan menambahkan, Polda Metro Jaya telah menjalankan arahan yang diberikan Jokowi sebelum peristiwa-peristiwa terkait ormas terlibat keributan terjadi.

Bahkan, lanjut Zulpan, jika ada ormas-ormas yang melakukan pelanggaran hukum, pihaknya bakal menindak secara tegas tanpa pandang bulu.

"Lihat kemarin Pemuda Pancasila, kan? Mereka bikin rusuh ya kita tindak tanpa pandang bulu langsung kita lakukan penegakan hukum. Ada berapa orang jadi tersangka? Dan kasusnya lanjut diproses hukum," tegas Zulpan.

Bagi Zulpan, penindakan tegas terhadap ormas yang kerap membuat keributan perlu dilakukan.

Baginya, tidak ada masalah bagi Polda Metro Jaya apa yang disampaikan presiden untuk ditindaklanjuti oleh jajaran aparat kepolisian untuk menciptakan kamtibmas.

“Justru apa yang disampaikan Pak Presiden itu luar biasa kita apresiasi dan kita siap melaksanakan. Kita sudah melaksanakan jauh-jauh hari sebelumnya sesuai dengan perintah Pak Kapolda untuk menertibkan dan menindak ormas yang melanggar hukum," tutupnya. 

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved