Breaking News:

Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Tertutup Asap Tebal

Gunung Semeru kini mengeluarkan awan panas guguran. Saat ini, Gunung Semeru mengeluarkan asap tebal dari Puncak Jonggring Saloko.

Editor: Ardhi Sanjaya
(KOMPAS.COM/Tangkapan layar video yang beredar
Tangkapan layar dari video yang beredar akibat awan panas guguran (APG) yang keluar dari Gunung Semeru, Jawa Timur.(KOMPAS.COM/Tangkapan layar video yang beredar 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Gunung Semeru kini mengeluarkan awan panas guguran.

Saat ini, Gunung Semeru mengeluarkan asap tebal dari Puncak Jonggring Saloko.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq membenarkan hal ini.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini hujan deras sedang turun di daerah Lumajang

Seperti diketahui Gunung Semeru terletak di dua kabupaten yakni Lumajang dan Malang.

"Benar, sejak sekitar jam 15.30 WIB tadi terjadi erupsi Semeru. Saya belum bisa menjelaskan detil, apakah ini erupsi letusan atau awan panas," ujarnya.

"Karena sejak siang tadi, di Lumajang terjadi hujan yang cukup tinggi hingga sore ini. Saya tidak bisa memastikan apakah (itu) lava panas karena bercampur dengan hujan," katanya kepada KOMPAS.TV, Sabtu (4/12/2021).

Ia juga menceritakan bahwa sejak semalam pukul 00.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari tadi, Semeru mengalami beberapa letusan lava pijar. Sejumlah letusan itu mengakibatkan keadaan kesiagaan.

"Tadi pagi masih aman-aman saja. Tapi begitu siang hingga sore hari ini, betul-betul terjadi awan yang sampai menutupi di dua kecamatan, Kecamatan Pronojiwo dan Kecamantan Candipuro," terangnya.

"Yang saya ingin pastikan, di dua kecamantan, Pronojiwo dan Candipuro, keadaannya sudah gelap. Kita sedang ingin memastikan terkait sejauh mana keadaan turunnya awan panas atau awan gelap ini," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gunung Semeru Meletus, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita Tertutup Asap Tebal,

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved