Info Otomotif

Tips Mengisi Bahan Bakar di SPBU Agar Aman dan Puas, Simak di Sini!

Sebagai konsumen, pemilik kendaraan perlu memperhatikan prosedur dan proses saat pengisian bahan bakar di SPBU.

Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
ILUSTRASI - Pengendara motor mengisi BBM di SPBU 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bagi pemilik kendaraan bermotor, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU menjadi lokasi yang akrab dengan kegiatan sehari-hari. Sebagai konsumen, pemilik kendaraan perlu memperhatikan prosedur dan proses saat pengisian bahan bakar di SPBU.

Hal ini penting dilakukan demi keamanan saat mengisi bahan bakar mengingat tidak sedikit risiko kelalaian yang bisa terjadi saat mengisi BBM, seperti kesalahan saat pengisian nominal dispenser POM BBM hingga pemberian uang kepada operator yang tidak sesuai.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, selama periode 2016-2019, terjadi peningkatan kecelakaan di SPBU di mana pada tahun 2016 dan 2017 masing-masing terjadi 9 kecelakaan, tahun 2018 melonjak menjadi 18 kecelakaan, dan 2019 sedikit menurun menjadi 16 kecelakaan.

Sementara itu, berdasarkan jenis kegiatannya, kecelakaan di SPBU 85% terjadi pada saat pengisian BBM.

Maka dari itu, demi keamanan bersama, berikut beberapa tips penting yang perlu diingat agar aman dan puas karena terhindar dari tindakan kelalaian saat mengisi bahan bakar di SPBU.

1) Matikan mesin saat pengisian

Mematikan mesin kendaraan saat pengisian bahan bakar menjadi prosedur standar yang wajib dilakukan, bahkan banyak tertulis pada rambu-rambu yang terdapat di SPBU. Sayangnya, kerap kali masih ada pemilik kendaraan yang abai akan hal tersebut.

Padahal, mengisi bahan bakar dengan kondisi mesin yang menyala sangat berbahaya. Mesin kendaraan yang menyala saat pengisian bahan bakar dapat memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin.

2) Amati laju meteran di dispenser pom

Selain memperhatikan indikator yang terdapat pada motor, pemilik kendaraan juga harus mengamati laju meteran di dispenser mesin pengisian. Pastikan petugas pengisian bahan bakar mengisikan BBM sesuai dengan yang dibeli dan laju meteran dimulai dari nol.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved