Vaksinasi Covid

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai Hari Ini, Berikut Daftar Lokasinya

Saat ini, kata Maxi, tercatat sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota di 11 provinsi yang sudah memenuhi syarat tahap pertama tersebut.

Editor: Tsaniyah Faidah
Istimewa/Pemkot Bogor
Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pelaksanaan vaksinasi-covid-19' title=' vaksinasi Covid-19'> vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun sudah dimulai, Selasa (14/12/2021).

Pelaksana Tugas (PLT) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, untuk tahap pertama, vaksinasi anak ini akan dilaksanakan bagi provinsi dan kabupaten/kota yang memenuhi dua kriteria, yaitu cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Saat ini, kata Maxi, tercatat sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota di 11 provinsi yang sudah memenuhi syarat tahap pertama tersebut.

"11 tersebut di antaranya yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali," kata Maxi dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenkes, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Bupati Keukeuh Target Vaksin Kabupaten Bogor Harus Direvisi

Lokasi dan jadwal vaksinasi

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi-covid-19' title=' vaksinasi Covid-19'> vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dimulai di tiga lokasi di Jakarta, Depok dan Tangerang Selatan.

"Rencana awal ini di 3 lokasi yaitu Depok di SD 01, Tangerang Selatan di SD Rawabuntu 3, di DKI Jakarta di SD 03 Cempaka Putih," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Nadia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi-covid-19' title=' vaksinasi Covid-19'> vaksinasi Covid-19 di tiga lokasi tersebut rencananya akan dihadiri Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

"Vaksinasi pagi jam 08.00 WIB, rencananya akan dihadiri Wamenkes," ujarnya.

Baca juga: Pastikan Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Aman, Kemenkas Minta Orang Tua Tak Ragu

Jenis vaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin Sinovac akan digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi-covid-19' title=' vaksinasi Covid-19'> vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Ia mengatakan, jarak penyuntikan dosis kedua vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun sama seperti kelompok Dewasa yaitu 1 bulan atau 4 minggu.

"Dan dosisnya pun sama (dengan kelompok dewasa) yaitu 0,5 mili," ujarnya.

Secara terpisah, Maxi mengatakan, sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac akan digunakan dalam vaksinasi anak hingga akhir Desember 2021.

"Ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang, sehingga ini (vaksinasi untuk anak) tidak akan putus," kata Maxi.

Baca juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh saat Libur Nataru, Hasil Antigen hingga Wajib Vaksin 2 Kali

Maxi juga mengatakan, mulai tahun depan, vaksin Sinovac hanya akan digunakan untuk dosis anak. Oleh karenanya, jenis vaksin lainnya akan diprioritaskan untuk sasaran selain anak usia 6-11 tahun.

Lebih lanjut, Maxi menambahkan, tempat pelaksanaan vaksinasi anak ini bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya baik pemerintah maupun swasta termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra vaksinasi.

"Termasuk yang kami harapkan pos pelayanan vaksinasi di sekolah atau satuan pendidikan lainnya, atau lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai Besok, Berikut Lokasi, Jadwal, dan Jenis Vaksin"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved