Breaking News:

Kota Bogor Raih Bike to Work Indonesia Award Kategori Kota Besar atau Ibukota Provinsi Bersama Yogya

Tampak Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Dewan Penasehat B2W Indonesia

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Dewan Penasehat B2W Indonesia Akmal Malik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kota Bogor meraih Bike to Work (B2W) Indonesia Award sebagai Kota Ramah Sepeda bersama Yogyakarta kategori Kota Besar / Ibukota Provinsi. Sementara kategori Kota Metropolitan diraih DKI Jakarta dan Bandung.

Tampak Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Dewan Penasehat B2W Indonesia Akmal Malik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Bima Arya mengatakan, Kota Bogor pertama kali membangun jalur sepeda pada 2015 di seputar Istana dan Kebun Raya Bogor, kemudian dilanjutkan di ruas jalan lainnya.

“Total hingga tahun ini, kita sudah dan sedang memiliki 25,8 KM jalur khusus sepeda meliputi SSA, Pajajaran (Warung Jambu-Lippo Ekalokasari), Juanda dan Sudirman.

Menyusul di ruas jalan lainnya,” ungkap Bima Arya.

Menurut Bima, penyediaan jalur sepeda ini tidak sekedar sebagai sarana olahraga, juga sebagai bagian dari konsep green transportation yang terus dikembangkan di kota hujan ini.

“Mengurangi angkot, mengganti angkot menjadi bus, menambah fasilitas pejalan kaki dan pesepeda. Jadi, Bogor menuju green transportation,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua APEKSI ini.

“Selain itu, kita berharap jalur sepeda yang banyak dibangun ini membuat Kota Bogor mempunya daya tarik lebih sehingga ke Bogor bukan hanya untuk lari tapi bersepeda, wisata kuliner dan lain-lain. Sehingga menimbulkan dampak ekonomi bagi warga,” tambahnya.

Bahkan, Bima mengungkapkan keinginannya untuk mengintegrasikan jalur sepeda Bogor-Jakarta sepanjang 60 KM yang berkolaborasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saya ingin bersama-sama dengan Gubernur DKI bisa mengintegrasikan itu karena setiap weekend banyak sekali pesepeda dari Jakarta ke Bogor ataupun Bogor ke Jakarta.

Saya ingin ajak Pak Gubernur juga untuk cicipi gowes di jalur ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Dewan Penasehat B2W Indonesia Akmal Malik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (21/12/2021).
Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Dewan Penasehat B2W Indonesia Akmal Malik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (21/12/2021). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Saya sudah coba Bogor ke Jakarta bersepeda 60 KM.

kalau kita bangun sama-sama trek sepeda jadi opsi juga bukan hanya untuk olahraga, tapi juga mobilitas yang mendekatkan warga seputar Jabodetabek,” kata Bima.

Sementara itu, Ketua B2W Indonesia Fahmi Saimima mengatakan, B2W Indonesia Award merupakan ajang apresiasi dan pemberian penghargaan untuk insan / kelompok / instansi yang selama ini mempunyai andil besar dalam berkomitmen dan konsisten mendorong budaya bersepeda di Indonesia.

“Juga dukungan bagi program Union Cycliste Internationale (UCI) ‘Cycling for All’ dalam mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, kesehatan, rekreasi atau kegiatan olahraga,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved