Breaking News:

Waspada, Orang yang Terinfeksi Varian Omicron Banyak yang Tak Bergejala

Ada beberapa kemungkinan orang yang terinfeksi varian Omicron di luar negeri sebagian besar tanpa keluhan atau gejala.

Editor: Tsaniyah Faidah
SHUTTERSTOCK via tribunnews.com
Ilustrasi - Beberapa orang yang terinfeksi Omicron di luar negeri sebagian besar tanpa keluhan atau gejala. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Beberapa penelitian maupun laporan dari kejadian infeksi varian Covid-19 yaitu Omicron di luar negeri sebagian besar tanpa keluhan atau gejala.

Menurut Ketua Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI, RSUP Persahabatan dr Prasenohadi Sp P KIC Ph D, ada beberapa kemungkinan kenapa ini bisa terjadi.

Pertama karena efektifitas vaksin. Dimana orang yang terinfeksi varian Omicron telah melakukan vaksin Covid-19. Sehingga mereka telah terlindungi di awal.

"Kemungkinan besar karena vaksin Covid-19 ekerja dengan baik dan kemudian bisa menyebabkan orang yang sudah divaksin tahan dari virus ini," ungkapnya pada kanal YouTube BNPB Indonesia, dikutip Tribunnews Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Waspada Tertular, Ini 3 Jenis Masker yang Efektif Tangkal Omicron

Faktor kedua adalah imunitas orang tersebut juga akan meningkat. Namun tidak dapat terelakkan jika ada beberapa kasus di luar negeri sakit berat atau meninggal.

"Tapi ini belum sebanyak pada kasus seperti di Indonesia, varian Delta yang kemarin," katanya lagi.

Sejauh ini, belum diketahui gejala khas dari varian Omicron. Menurut dr Prasenohadi gejalanya tidak jauh berbeda dengan varian virus lain.

Gejala bisa berbentuk demam, batuk, kemudian sesak nafas. Kadang beberapa gejala nampak tidak khas seperti sakit kepala dan nyeri otot.

"Kalau kita atau masyarakat mendapatkan mengalami gejala keluhan seperti itu segeralah datang ke dokter. Atau ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Orang yang Terinfeksi Varian Omicron Umumnya Tanpa Gejala, Mengapa Bisa Terjadi? Ini Ulasan Ahli

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved