Breaking News:

Penghujung Tahun 2021, Peneliti BRIN Temukan Tujuh Jenis Baru Tumbuhan

Ketujuh jenis baru tersebut yaitu, Hoya batutikarensis, Hoya buntokensis, Dendrobium dedeksantosoi, Rigiolepis argentii, Begonia robii, Begonia willem

Dokumentasi Kebun Raya Bogor, BRIN
Salah satu dari tujuh jenis tumbuhan yang ditemukan peneliti BRIN, Sabtu (1/1/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Peneliti dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil menemukan tujuh jenis baru di penghujung tahun 2021.

Ketujuh jenis baru tersebut yaitu, Hoya batutikarensis, Hoya buntokensis, Dendrobium dedeksantosoi, Rigiolepis argentii, Begonia robii, Begonia willemii dan Etlingera comosa, tumbuhan tersebut mayoritas tergolong sebagai tanaman hias.

Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Sukma Surya Kusumah mengatakan Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati (OR IPH) melalui Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya akan terus berupaya melakukan eksplorasi dan identifikasi jenis-jenis tumbuhan.

"Upaya tersebut untuk mengidentifikasi tumbuhan dari habitat alaminya yang sejalan dengan rumah program OR IPH terkait dengan konservasi tumbuhan terancam kepunahan terkonservasi," ucapnya.

Deskripsi Jenis Baru Tumbuhan Indonesia

Begonia robii merupakan endemik dari Pulau Sumatera, jenis ini memiliki corak warna daun yang sangat atraktif dan sangat berpotensi sebagai tanaman hias.

Jenis ini memiliki karakter batang yang menyerupai rimpang, daun sangat asimetris, dengan kombinasi antara warna hijau sebagai dasarnya dan merah keunguan pada bagian tengah, tepatnya di antara pertulangan daun sekundernya.

Sukma menyatakan dengan ditemukannya jenis baru ini, keanekaragaman hayati Indonesia bertambah, penemuan ini juga memberikan informasi terkait kekayaan biodiversitas Indonesia.

"Dan ini mendukung penelitian lebih lanjut terkait pemanfaatannya secara berkelanjutan,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved