Breaking News:

Tercatat sebagai Danau di Bogor, Tempat Ini Ternyata Empang Kecil karena Lama Tak Terurus

Berdasarkan data yang dihimpun, Situ Cijujung ini merupakan salah satu dari total 95 situ yang tercatat ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kondisi Situ Cijujung di Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Sabtu (8/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKARAJA - Situ atau danau yang bernama Situ Cijujung di Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor kondisinya memprihatinkan karena sudah lama dibiarkan tak terurus.

Berdasarkan data yang dihimpun, Situ Cijujung ini merupakan salah satu dari total 95 situ yang tercatat ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Pantauan TribunnewsBogor.com, Sabtu (8/1/2022), danau ini kini hanya berupa beberapa kubangan kecil.

Kubangan-kubangan kecil ini bekas empang yang dimanfaatkan masyarakat setempat untuk beternak ikan.

Selain itu, area lainnya juga mirip hutan yang ditumbuhi ilalang, pohon-pohon liar, pinggirnya ditanami pisang bahkan ada area yang menjadi tempat pembuangan sampah liar.

Di sana juga dipasang plang dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane.

Isinya terkait larangan untuk memanfaatkan tanah negara tersebut.

Selain itu, keberadaan situ atau danau ini juga kini hanya cerita di masyarakat.

Orang tua warga sekitar pun belum pernah melihat situ atau danau di lokasi tersebut diduga karena situ tersebut sudah tak terawat sejak cukup lama.

"Gak tahu saya belum pernah lihat di sana ada situ. Mungkin bapak saya tahu, tapi bapak udah lama meninggal," kata salah satu warga sekitar, Masitoh (69) kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (8/1/2022).

Dia mengatakan bahwa sewaktu kecil pun sekitar tahun 1950 - 1960-an, dia tidak pernah menemukan Situ Cijujung kecuali sungai kecil.

"Waktu saya kecil di sana cuma ada Kali Cilame doang. (Situ) Udah ilang, sekarang paling empang kecil," katanya.

Beberapa tahun lalu, kata Masitoh, dia pernah mendengar adanya rencana pemerintah untuk menormalisasi situ tersebut namun sampai sekarang kondisinya situ masih belum berubah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved