Breaking News:

Detik-detik Gempa di Kota Bogor, Petugas Damkar Langsung Keluar Gedung

Gempa yang terasa hingga ke Kota Bogor membuat masyarakat berlarian keluar bangunan untuk mengevakuasi diri sebagai bentuk antisipasi.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Petugas pemadam kebakaran keluar gedung saat terjadi gempa bumi yang terasa hingga ke Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Gempa yang terasa hingga ke Kota Bogor membuat masyarakat berlarian keluar bangunan untuk mengevakuasi diri sebagai bentuk antisipasi.

Seperti suasana di Mako Pemadam Kembakaran Sukasari, Kota Bogor di Jalan Pajajaran Kota Bogor.

Pantauan TribunnewsBogor.com Jumat (14/1/2022) sekitar pukul 16.05 WIB seorang petugas damkar berteriak dan langsung keluar dari dalam bangunan

"Gempa, gempa," ujar pria yang mengfunakan baju biro dongker.

Tak lama kemudian petugas dan staf yang ada di lantai satu dan dua Gedung Damkar keluar bangunan.

Mereka pun berdiri di depan halaman kantor Damkar.

Sekitar kurang lebih 30 detik gempa tersebut berlalu.

Setelah itu petugas pun kembali melanjutkan tugasnya.

Sementara itu dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com kejadian dan Parameter Gempabum pukul 16.05.41 WIB wilayah Selatan Banten diguncang gempa tektonik.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

"Jenis dan Mekanisme Gempabumi,
dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ," ujarnya.

Dampak gempa bumi tersebut kata Bambang terasa guncangannya di daerah Cikeusik dan Panimbang, VI MMI, Labuan dan Sumur, IV MMI, Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved