Breaking News:

HiC1000 Aman Dikonsumsi Setiap Hari, Ini Tips Pakar Cegah Bahaya Konsumsi Vitamin C Drink

Alih-alih memperkuat imunitas, konsumsi yang salah akan vitamin C justru bisa memicu permasalahan kesehatan lain. 

Dokumen HiC1000
HiC1000 aman dikonsumsi setiap hari 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Masa pandemi Covid-19 ini vitamin C semakin diandalkan karena perannya yang mampu menstimulasi sistem imunitas tubuh. 

Meski memiliki banyak manfaat, ternyata konsumsi vitamin punya aturannya sendiri lho. 

Alih-alih memperkuat imunitas, konsumsi yang salah akan vitamin C justru bisa memicu permasalahan kesehatan lain. 

Misalnya, pada orang yang memiliki lambung sensitif. Untuk itu, kamu perlu memahami sejumlah aturan dari ahli berikut ini agar dapat memilih dan mengonsumsi vitamin C secara tepat. 

Nutrisionis sekaligus pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Ketua Indonesia Sport Nutritionists Association (ISNA), dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes. menyampaikan agar masyarakat mewaspadai kandungan soda di beberapa suplemen vitamin C dalam kemasan. 

"Penggunaan soda di vitamin C biasanya terjadi karena beberapa alasan, mulai dari memberikan sensasi rasa, serta mengawetkan kandungan vitamin C agar lebih stabil," katanya.

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa soda memiliki efek jangka panjang yang dapat mempengaruhi tingkat kepadatan tulang dan memicu kerusakan gigi. 

“Dari perspektif keseimbangan gizi, ini jelas mengganggu, apabila pengikatnya disodium fosfat, maka fosfat berlebih akan mendorong kalsium keluar, dalam waktu tertentu ini berpengaruh pada kepadatan tulang, jadi perlu hati-hati mengonsumsinya,” jelas dr. Rita.

dr. Rita menambahkan suplementasi vitamin C yang beredar juga berbeda-beda ikatannya, ada yang bentuknya asam askorbat murni dan biasanya cenderung bereaksi meningkatkan produksi asam lambung dan ada juga beberapa suplemen lain asam askorbat yang diikat dengan mineral yang bersifat basa. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved