IPB University

IPB University Ungkap Peluang Usaha Ramah Lingkungan, Manfaatkan Sampah Jadi Bisnis Menguntungkan

Banyaknya sampah yang menumpuk dan mencemari lingkungan ternyata menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan.

Editor: Tsaniyah Faidah
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Ilustrasi - Banyaknya sampah yang menumpuk dan mencemari lingkungan ternyata menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Saat ini mulai muncul inovasi yang menciptakan bisnis ramah lingkungan.

Banyaknya sampah yang menumpuk dan mencemari lingkungan ternyata menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan.

“Bagaimana kita mampu memanfaatkan semua sumberdaya yang ada tanpa terbuang dan tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan,” ujar Prof Nunung Nuryartono, Dekan FEM IPB University dalam sambutannya.

Adi Saifullah Putra selaku CEO PT Mall Sampah Indonesia menjelaskan Circular Economy Technology yang tengah diterapkan oleh Mall Sampah.

Menurutnya, Mall Sampah memegang misi meningkatkan angka daur ulang nasional dan mensejahterakan pengepul lokal.

Untuk itu, Adi mengajak generasi muda untuk berani mengambil peluang dan potensi bisnis dari produk daur ulang. Ini semua demi mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

“Selain ramah lingkungan, aksi nyata ini dapat membantu membangkitkan perekonomian banyak pihak,” ujarnya.

Direktur Public Relations Kertabumi Recycling Centre, Santi Novianti mengatakan, barang-barang yang dianggap limbah, seperti masker dan kemasan bekas, dapat di upcycle menjadi produk-produk dengan nilai jual tinggi.

Contohnya pot, tas dan dompet. Dengan menambahkan nilai estetik, produk daur ulang tetap indah dipandang saat digunakan.

“Kami terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk aware terhadap lingkungan. Hidup akan selaras dengan alam jika kita mau menjaga alam. Dan langkah itu dapat kita mulai dari diri sendiri, kita semua yang ada di sini,” tuturnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved