Lindungi Privasi Pengguna, Facebook Hadirkan Fitur Notifikasi Screenshoot

Aplikasi perpesanan instan milik Meta, Messenger (dulu Facebook Messenger) kini punya fitur baru berupa notifikasi screenshot (tangkapan layar).

Editor: Yudistira Wanne
Kirill Kudryavtsev / AFP
ilustrasi sosial media Facebook dan Instagram 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Aplikasi Facebook kini menyediakan fitur privasi terbaru bagi para penggunannya.

Aplikasi perpesanan instan milik Meta, Messenger (dulu Facebook Messenger) kini punya fitur baru berupa notifikasi screenshot ( tangkapan layar).

Sesuai namanya, fitur notifikasi screenshot memungkinkan pengguna mengetahui bila pesan percakapannya dengan seseorang telah diabadikan dengan cara screenshot.

Namun, tak semua percakapan memiliki notifikasi saat di-screenshot.

Notifikasi screenshot ini hanya berlaku untuk chat yang dikirim dengan fitur "disappearing messages" alias pesan yang bisa hilang secara otomatis di "Secret Chat" (percakapan rahasia).

Fitur disappearring messages tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim pesan bersifat sensitif, pribadi, atau rahasia, dan tak ingin pesan tersebut tersimpan selamanya di riwayat percakapan.

Sementara pesan yang dikirimkan melalui ruang obrolan Messenger biasa tidak mendapatkan fitur baru ini.

Mengapa demikian? Sebab, berbeda dengan ruang obrolan Messenger biasa, Secret Chat yang dirilis sejak 2016 lalu telah dibekali dengan lapisan keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption, E2EE).

Dengan E2EE, pengguna bisa melakukan percakapan rahasia yang bisa hilang otomatis dan dijamin tidak bisa disadap oleh pihak mana pun, termasuk Facebook itu sendiri.

Kendati demikian, fitur E2EE yang ada tidak menjamin bahwa lawan bicara tidak mengambil tangkapan layar pada pesan sensitif, pribadi, atau rahasia, sebelum hilang otomatis.

Nah, fitur baru notifikasi screenshot ini membuat pengguna mengetahui dan waspada ketika lawan bicaranya mengambil tangakapan layar dari percakapannya di Secret Chat.

Kehadiran fitur baru ini juga telah diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui sebuah posting di akun Facebook pribadinya.

"Pembaruan baru untuk obrolan Messenger terenkripsi ujung ke ujung sehingga Anda mendapatkan pemberitahuan jika seseorang men-screenshot disapearring messages," tulis Zuck, panggilan akrab CEO Meta ini.

Dari tangkapan yang disertakan Zuck, pengguna akan mendapatkan notifikasi berbunyi "(nama profil lawan bicara) took a screenshot)" di dalam ruang obrolan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved