Ezra Mandira Beberkan Rahasia Sukses Produksi Lagu di Kognisi Youth Learning Festival (KYLF)

Perkembangan blantika musik Indonesia seakan tidak ada habisnya dengan sejumlah nama baru yang digandrungi oleh khalayak luas.

Editor: Yudistira Wanne
Kompas
Perkembangan blantika musik Indonesia seakan tidak ada habisnya dengan sejumlah nama baru yang digandrungi oleh khalayak luas. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Perkembangan blantika musik Indonesia seakan tidak ada habisnya dengan sejumlah nama baru yang digandrungi oleh khalayak luas.

Nama besar dan ketenaran panggung menjadi daya tarik bagi banyak anak muda Indonesia untuk mengikuti jejak mereka dengan mencoba untuk menciptakan karya lagu sendiri.

Namun, tak sedikit pula yang merasa tidak berani untuk melangkah karena terbayang akan proses penciptaan lagu yang dinilai kompleks bagi orang awam.

Sebagai bentuk dukungan kepada anak muda yang memiliki minat pada industri musik agar bisa meraih mimpinya, Kognisi by Kompas Gramedia menyelenggarakan webinar yang tergabung dalam rangkaian acara KOGNISI YOUTH LEARNING FESTIVAL (KYLF) dengan judul “Music Production 101: Siapa Saja Bisa Produksi Musik!” bersama Ezra Mandira (Music Producer, Musisi, dan Gitaris HIVI!) yang diselenggarakan pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Webinar ini membagikan pengalaman Ezra Mandira sebagai Musisi dan Produser Musik, bagaimana mencari inspirasi dan ide sebagai proses kreatif dalam menciptakan mahakarya, dan juga tips-tips membuat dan memproduksi musik atau lagu di rumah.

Selain itu, ada pula sesi pembedahan proses pembuatan lagu yang sudah ada secara live yang dipraktikkan langsung oleh Gitaris HIVI! yang memenangkan penghargaan Album of the Year 2018 di ajang “Indonesian Choice Award (ICA)” ini.

Berbekal prestasi tersebut, Ezra memberikan beberapa tips yang bisa membantu siapapun untuk memproduksi karya lagu sendiri dari rumah.

Cari Inspirasi dari Manapun

Penting bagi seseorang yang ingin membuat lagu untuk mencari inspirasi dan penggalian ide.

Inspirasi penciptaan sebuah lagu bisa didapatkan dari manapun dan suasana apapun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi seorang Ezra Mandira, tidak ada batasan untuk mendapatkan inspirasi penciptaan lagu, bahkan dari pengalaman pahit dan manis sekalipun.

“Inspirasi bisa dateng dari mana aja ya! Pengalaman cinta monyet, ditolak, balik ke mantan, tentang temen se-gank, rasa terima kasih sama orang tua, cinta ke anak, pokoknya apa aja bisa dijadin inspirasi.

Dari cerita yang dibuat, ntar baru deh dikulik lebih dalam lagi secara musikal, supaya cerita
yang ada bisa di support dengan musik yang dibikin, supaya mood lagunya juga makin kebentuk,” ujar Ezra.

Bercerita melalui Musik dan Lirik Lagu

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved