Cegah Bencana dan Berdayakan Masyarakat, Pemprov Jabar dan Pemkot Bogor Tanam 1.000 Bibit Pohon Buah

Tujuannya untuk memelihara lingkungan dimana saat ini kondisi lingkungan semakin rusak, polusi semakin tidak bisa dikendalikan

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersama Direktur Kepatuhan Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya, Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, Wali Kota Bogor, Bima Arya, Direktur Jaringan dan Retail, Anton Sukarna dan Direktur Compliance dan Control Bank Mandiri Taspen, Judhi Budi Wirjanto melakukan penanaman bibit pohon di halaman Kantor Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (31/3/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersama Direktur Kepatuhan Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya, Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, Wali Kota Bogor, Bima Arya, Direktur Jaringan dan Retail, Anton Sukarna dan Direktur Compliance dan Control Bank Mandiri Taspen, Judhi Budi Wirjanto melakukan penanaman bibit pohon di halaman Kantor Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (31/3/2022).

Total ada 1.000 bibit pohon buah yang akan ditanam di empat kelurahan di Kota Bogor, yaitu di Bantarjati, Situgede, Rancamaya dan Katulampa.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat sambutan menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mencanangkan penanaman 50 juta pohon dan sudah terlampaui pada masa ketiga kepemimpinan.

"Di akhir masa kepemimpinan, kami menambahkan pohon yang akan ditanam menjadi 20 juta pohon.

Tujuannya untuk memelihara lingkungan dimana saat ini kondisi lingkungan semakin rusak, polusi semakin tidak bisa dikendalikan. Kita berusaha agar alam tetap lestari, salah satunya melalui penanaman pohon," katanya.

Untuk itu Pemprov Jawa Barat menyampaikan terima kasih kepada PPATK yang telah melaksanakan penanaman pohon di Jawa Barat.

"Ini merupakan sumbangsih luar biasa dalam mendukung program Pemprov," kata Uu sapaannya.

Menyinggung terkait terorisme, Uu menegaskan, hal tersebut menjadi tanggung jawab semua dan semoga Pemprov Jawa Barat dan pemda di wilayah Jawa Barat mampu mengayomi dan melayani warga dengan maksimal.

Direktur Kepatuhan Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya mengatakan, penanaman 1.000 pohon merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan dua dekade Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme tahun 2022 yang mengusung tema 'Indonesia maju tanpa pencucian uang dan pendanaan terorisme untuk mewujudkan sistem keuangan yang kuat, berintegritas dan berkelanjutan'.

"Apresiasi khusus kami bagi PPATK yang telah menginspirasi dan memfasilitasi kami dan mengingatkan untuk turut serta dalam melaksanakan gerakan, bagaimana kami untuk menjaga bumi, air dan udara yang merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warisan yang akan kita bagikan kepada anak cucu kita," kata dia.

Adapun salah satu jenis bibit pohon buah yang ditanam adalah abiu atau sawah Australia yang aslinya berasal dari Amazon.

Pohon ini merupakan simbol menjaga lingkungan hidup.

Pemilihan bibit pohon ini, salah satunya karena usulan dan aspirasi para petani di Kota Bogor dari hasil kunjungan yang dilakukan sebelumnya.

Agus berharap adanya peran penting untuk menjaga keberlangsungan bibit pohon yang ditanam.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved