IPB University

Kukuhkan Kepengurusan Baru 145 Ormawa, Rektor IPB Minta Mahasiswa Berfikir Logis dan Pakai Data

Dr Alim Setiawan mengatakan, sepanjang tahun 2021 telah terlaksana 999 kegiatan yang dilakukan Ormawa IPB University.

IPB University
Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengukuhkan kepengurusan baru 145 organisasi kemahasiswaan (Ormawa). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Rektor IPB University, Prof Arif Satria secara resmi mengukuhkan kepengurusan baru 145 organisasi kemahasiswaan (Ormawa).

Pengukuhan dilangsungkan secara hybrid di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen serta platform Zoom dan Youtube, beberapa waktu lalu.

Dari 145 kepengurusan ormawa yang dikukuhkan, terdiri dari 71 ormawa eksekutif dan legislatif seperti Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta  komunitas mahasiswa.

“Tahun ini mulai dikukuhkan beberapa perwakilan komunitas mahasiswa dari berbagai minat dan bakat. Seperti IPB E-Sport Community yang setiap tahunnya menyumbang lebih dari 100 prestasi. Ada Mobile Apps Development Community, Game Reality. Ada juga yang baru terbentuk IPB Golf Community,” ujar Dr Alim Setiawan, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier IPB University.

Dr Alim Setiawan mengatakan, sepanjang tahun 2021 telah terlaksana 999 kegiatan yang dilakukan Ormawa.

Mencakup kegiatan minat bakat, prestasi, kompetisi, pengabdian, kajian-kajian hingga advokasi isu strategis nasional.

“Sejak tahun 2019, kita mencoba mensinergikan kegiatan Ormawa dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Keterkaitan ini penting, agar Ormawa dapat berkontribusi pada peningkatan pemeringkatan IPB University dalam Time Higher Education, khususnya pada Impact Ranking,” ujar Dr Alim Setiawan.

Capaian tersebut, kata Dr Alim Setiawan, menjadi bukti bahwa pandemi yang ada, tak menghalangi kreativitas, inovasi dan kontribusi mahasiswa pada masyarakat.

Hal ini bisa menjadi modal bagi Ormawa dalam ikut berperan mendukung renstra IPB University tahun 2022, Enriched and Empowered Society.

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan bahwa era disrupsi hari ini menuntut perubahan organisasi dijalankan.

Tak terkecuali Ormawa di IPB University, dituntut untuk mengembangkan kegiatan yang lebih produktif, efisien dan efektif.

Ormawa hari ini berbeda dengan di masa lalu. Tantangannya jauh berbeda. Saya melihat aktivitas Anda sekarang jauh lebih canggih, jauh membawa manfaat. Karena itu, ke depan dibutuhkan terobosan program yang lebih dahsyat,” ujar Prof Arif Satria.

Ia mengakui dan mengapresiasi, bahwa mahasiswa IPB University adalah mahasiswa yang berpikir logis, berbasis data dan bukti.

Karenanya, senada dengan yang disampaikan Dr Alim, ia mengharap Ormawa mampu berperan menyempurnakan apa yang menjadi mimpi IPB University bersama.

“Kita punya mimpi untuk green campus, mari kita sama-sama wujudkan. Kita menjadi kampus inovasi, mari kita bersama kembangkan itu. Karena inovasi di IPB University banyak disumbang oleh inovasi-inovasi mahasiswa,” terangnya.

Kepada pengurus Ormawa yang dilantik, ia turut mengucap selamat, serta berharap agar ke depan, Ormawa IPB University dapat menjadi rujukan Ormawa se-Indonesia. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved