Ramadhan 2022

Pegadaian Ramai Menjelang Lebaran, Berikut Barang-barang yang Bisa Digadai dan Syaratnya

Menggadaikan barang bisa menjadi solusi cepat saat menghadapi kondisi mendesak, berikut barang apa saja yang bisa digadaikan beserta syaratnya

Editor: widi bogor
PT Pegadaian via Tribunnews
Simak barang yang dapat digadaikan berikut syaratnya 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Terkadang kita dihadapkan pada kondisi mendesak yang membuat kita membutuhkan dana dalam waktu singkat.

Terlebih bila Anda tidak mempunyai tabungan yang cukup, tentu hal itu tak menjadi masalah. Dengan begitu Anda perlu memutar otak untuk bisa mendapatkan sumber dana tambahan yang memenuhi kebutuhan mendesak yang bisa dicairkan dengan cepat dan syarat yang sederhana serta mudah.

Salah satu lembaga yang bisa memenuhi kebutuhan dana mendesak tersebut yakni pergadaian, aktivitas masyarakat untuk menggadaikan barang-barang di Pegadaian meningkat tajam jelang lebaran 2022.

Transaksi gadai seminggu sebelum Lebaran 2022 tercatat mencapai Rp 3,69 triliun.

"95 persen jenis barang jaminan yang digadaikan berupa emas batangan atau emas berbentuk perhiasan," ucap VP Corcomm PT Pegadaian Basuki Tri Andayani kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Diketahui, menggadaikan barang di Pegadaian bisa menjadi solusi cepat saat menghadapi kondisi mendesak atau membutuhkan dana dalam waktu singkat.

Lantas, bagaimana cara gadai emas di Pegadaian, dan apa saja syaratnya?

Cara gadai emas di Pegadaian dan syaratnya

Mengutip laman resmi Pegadaian, gadai emas adalah pemberian kredit dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif atau produktif dengan jaminan emas.

Dalam hal ini, emas yang dimaksudkan bisa berupa batangan atau perhiasan. Untuk melakukan gadai emas, ada tiga syarat yang harus dilengkapi, yaitu :

Baca juga: Sepekan Jelang Lebaran, Pasar Kaget di Jalan Dewi Sartika Mulai Ramai Diburu Pengunjung

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Menyerahkan barang jaminan (emas)
Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved