Lebaran 2022

Arab Saudi Umumkan Lebaran Idul Fitri 2022 Jatuh pada 2 Mei, Indonesia Masih Harus Sidang Isbat

Dilansir hindustantimes, Arab Saudi dan India mengumumkan hari raya Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin (2/5/2022).

KOMPAS/ADI PRINANTYO
Ilustrasi lebaran di Mekkah 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tanggal Idul Fitri dan perayaan Islam lainnya berubah dari tahun ke tahun, karena kalender lunar Islam tidak sejalan dengan kalender Gregorian, yang berarti penampakan bulan diperlukan setiap bulan untuk menentukan tanggal yang tepat.

Arab Saudi dan India rayakan Idul Fitri 1443 H atau 2 Mei 2022.

Dilansir hindustantimes, Arab Saudi dan India mengumumkan hari raya Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin (2/5/2022).

Baca juga: Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Lebaran Tanggal 2 Mei atau 3 Mei?

Berdasarkan laporan Mahkamah Agung Arab Saudi, Pengadilan Kerajaan Arab Saudi mengatakan pada Sabtu (30/4/2022) bahwa Minggu (1/5/2022) akan menjadi hari terakhir bulan suci Ramadan dan Senin (2/5/2022) akan menjadi hari pertama Idul Fitri.

Hal itu dilakukan setelah Mahkamah Agung menyebut, berdasarkan kesaksian dari para ahli pada Sabtu, bulan Syawal tidak terlihat.

Umat Islam Muslim berdoa di Padang Arafah dekat Kota Mekkah, Arab Saudi, bagian dari kegiatan haji, 13 Oktober 2013. Lebih dari dua juta muslim tiba di kota suci ini untuk ibadah haji tahunan.
Umat Islam Muslim berdoa di Padang Arafah dekat Kota Mekkah, Arab Saudi, bagian dari kegiatan haji, 13 Oktober 2013. Lebih dari dua juta muslim tiba di kota suci ini untuk ibadah haji tahunan. ((AFP PHOTO / FAYEZ NURELDINE))

Dilansir dari Saudi Gazette, Mahkamah Agung telah mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Putra Mahkota Kerajaan, seluruh warga, penduduk, dan umat Islam atas kedatangan Idulfitri yang diberkati.

Sementara itu, diberitakan AFP, beberapa negara Teluk lainnya, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Qatar dan Bahrain juga telah membuat pengumuman yang sama.

Baca juga: Liburan saat Lebaran 2022, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Seru untuk Dikunjungi

Negara-negara tersebut akan merayakan Lebaran 2022 pada Senin (2/5/2022).

Waktu Idul Fitri ditentukan oleh penampakan bulan sabit, sesuai dengan kalender lunar Muslim.

Sementara di Indonesia, penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1443 H akan diputuskan dalam Sidang Isbat yang digelar hari ini, Minggu (1/5/2022).

Kemenag akan menggelar Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

Petugas lembaga Falakiyah pondok pesantren Al-Hidayah Basmol, Jakarta Barat melakukan pemantauan hilal di atas masjid Al-Musariin, Minggu (5/5/2019).
Petugas lembaga Falakiyah pondok pesantren Al-Hidayah Basmol, Jakarta Barat melakukan pemantauan hilal di atas masjid Al-Musariin, Minggu (5/5/2019). ((KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG))

Melansir laman Kemenag, secara hisab semua sepakat bahwa Sidang Isbat jatuh di hari Minggu (1/5/2022) atau pada 29 Ramadan 1443 H.

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," jelas Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Nantinya, pelaksanaan Sidang Isbat akan diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan penjelasan hasil rukyatul hilal di 99 titik di Indonesia.

Baru kemudian akan dilaksanakan penetapan 1 Syawal 1443 H dengan mempertimbangkan hasil hisab dan rukyat.

Pengumuman sidang isbat ini nantinya akan disampaikan ke publik secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Berita lain terkait Lebaran 2022

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahan

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Terkait :#Lebaran 2022
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved