Putra Ridwan Kamil Kecelakaan

Shalat Gaib di Masjid untuk Eril Dihadiri Ribuan Jemaah, Warga Berurai Air Mata : Sedih

KH Ayi Hasyim, Ketua DKM Masjid Raya Bandung menyebut, para jemaah juga menyampaikan doa terbaik untuk putra Gubernur Jabar tersebut.

Editor: khairunnisa
Istimewa/Pemkot Bogor
Salat Gaib dilangsungkan di Masjid At - Taqwa, Balai Kota Bogor, Jumat (3/6/2022) usai Salat Jumat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Berbagai masjid di Kota Bandung menggelar shalat gaib untuk putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtaz ( Eril), Jumat (3/6/2022).

Seperti diketahui, keluarga Ridwan Kamil menyatakan Eril meninggal dunia setelah terseret arus Sungai Aaree, Bern, Swiss.

Meski dinyatakan meninggal, pencarian tetap akan dilakukan.

Shalat gaib tersebut digelar warga Kota Bandung di berbagai masjid.

Dari mulai masjid-masjid besar hingga masjid yang ada di gang-gang.

Seperti di Masjid Raya Bandung, Masjid Al Ukhuwah, Masjid Al Baraqah, Al Manar, Salman ITB, dan lainnya.

Baca juga: Wali Kota Bima Arya Doa Bersama Warga Bogor untuk Anak Ridwan Kamil di Helaran HJB ke-540

Di Masjid Raya Bandung, shalat gaib dihadiri 5.000 jemaah.

KH Ayi Hasyim, Ketua DKM Masjid Raya Bandung menyebut, para jemaah juga menyampaikan doa terbaik untuk putra Gubernur Jabar tersebut.

"Mohon untuk disampaikan imbauan dari Masjid Raya, kita harus membangun rasa empati, kepada keluarga yang mempunyai cobaan berat. Terkhusus keluarga pemimpin kita, bapak Gubernur Jawa Barat," katanya.

"Jadi bangunlah rasa empati, kita lakukan, kita apa yang bisa kita lakukan untuk membantu beliau, setidak-tidaknya dengan doa," imbuh Ayi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Salah satu jemaah, Herman mengaku meneteskan air mata saat shalat gaib.

YPM Salman ITB bersama Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB serta Ikatan Alumni ITB Jawa Barat menggelar salat gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz (Eril), Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang merupakan putra Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Masjid Salman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/6/2022).
YPM Salman ITB bersama Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB serta Ikatan Alumni ITB Jawa Barat menggelar salat gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz (Eril), Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang merupakan putra Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Masjid Salman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/6/2022). (Dokumentasi Humas ITB)

Sebagai seorang ayah, ia tahu seberat apa beban yang dipikul Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia.

"Sedih, ngebayanginnya aja dah sakit hati. Kehilangan anak pastinya berat sekali. Tapi Eril meninggal di usia muda, syahid, dan didoakan banyak orang. Banyak orang akan iri," tutur dia.

Baca juga: Keikhlasan Ridwan Kamil Usai Eril Dinyatakan Meninggal Dunia, MUI Imbau Masyarakat Gelar Shalat Gaib

Sebelumnya, MUI Provinsi Jawa Barat telah menerbitkan surat edaran berisi instruksi untuk sejumlah masjid di Jawa Barat untuk melakukan salat gaib.

Hal ini mengacu pada pernyataan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang telah mengikhlaskan dan meyakini sepenuhnya bahwa Emmeril Khan Mumtaz atau Eril telah meninggal dunia akibat tenggelam saat berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis 26 Mei 2022 silam.

Sementara itu di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, masih ada rangkaian doa bersama yang akan dilaksanakan di Masjid Al Ukhuwah, pukul 16.00 WIB nanti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ribuan Jemaah di Berbagai Masjid di Bandung Shalat Gaib untuk Eril, Air Mata Pun Menetes"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved