Kunjungi Kampung Batik Cibuluh Bogor, Wapres Maruf Amin Borong Lima Batik : Sangat Tertarik

Wakil Presiden KH Maruf Amin mengunjungi Kampung Batik Cibuluh, Bogor Timur Kota Bogor, pada Rabu (8/6/2022).

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Kunjunyan Maruf Amin ke Kampung Batik Cibuluh Bogor, Rabu (8/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Wakil Presiden RI KH Maruf Amin mengunjungi Kampung Batik Cibuluh, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, pada Rabu (8/6/2022).

Kunjungan Maruf Amin ke Kampung Batik Cibuluh ini turut disambut antusias warga yang menunggu kedatangannya sejak siang hari.

Kunjungan Maruf Amin ini pun sekaligus dalam rangka meninjau Kampung Batik dan turut serta memberikan beberapa bantuan yang disalurkan dari Badan Amal Zakat Nasional ( Baznas) kepada puluhan pengrajin batik.

Tidak hanya itu, Wapres yang berkunjung dengan pengawalan ketat ini pun, membeli lima buah batik khas Cibuluh Kota Bogor.

Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, Wapres Maruf Amin sangat mengapresiasi produk lokal Batik Cibuluh.

"Alhamdulillah sangat berkenan, karena melihat ciri khas batiknya juga menarik, dan sudah disampaikan Insya Allah setelah ini akan dipasarkan di pasar yang sifatnya nasional. Bahkan, indikatornya, Maruf Amin memborong lima batik, berarti beliau sangat tertarik batik Cibuluh," kata Noor kepada wartawan, Rabu.

Bentuk dukungan itu pun, sambung Noor, telah diwujudkan dengan pemberian bantuan kepada puluhan pengrajin batik Cibuluh ini.

"Hanya melihat, dan memberikan bantuan modal kepada pengrajin. Nominalnya Rp 5 juta untuk 40 orang pengrajin. Insya Allah mereka akan lebih banyak meningkatkan kualitas, seperti diharapkan wapres agar ada inovasi baru. Di samping dengan local wisdom, sekaligus ada inovasi baru," jelas Noor.

Dari bantuan yang diberikan itu, Wapres Maruf Amin berharap agar kualitas dari Batik Cibuluh terus berkembang.

"Inovasi lain tidak hanya batik saja tetapi fashion. Dia berharap agar fashion di Cibuluh bisa menginternasional, seperti halnya beberapa batik yang sudah internasional. Karena wapres sangat tertarik dengan batik yang ada disini," ungkap Noor.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengaku cukup kaget bahwa Wapres Maruf Amin mengerti akan produk fashion.

"Memang saya surprise beliau paham tentang prodak fashion, dan desain. Bahwa memang pak wapres memiliki keinginan bukan hanya memproduksi batik tulis, maupun cetak saja tetapi ada edit velue, mungkin ada produk fashion dan clothing yang memang bisa jadi dukungan untuk dijadikan bahan atau produk yang bisa di pasarkan di Sarinah," kata Dedie.

Dedie pun berharap agar Batik Cibuluh terus berkembang dan mengembangkan sayap di dunia perbatikan.

"Insya Allah nanti dibantu juga oleh Baznas, dengan linknya Baznas untuk bisa mengembangkan pasar yang lebih luas," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved