PKB Usung Muhaimin Jadi Capres di Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Erick Thohir Masuk Radar Cawapres

PKB juga sedang menjaring nama-nama potensial untuk diusung sebagai cawapres pendamping Gus Muhaimin. 

kolase Tribunnews
Cak Imin atau Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) telah bulat bakal mengusung ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar ( Gus Muhaimin) sebagai calon presiden ( capres) pada Pemilihan Presiden Pilpres 2024 mendatang. 

Saat ini, PKB sedang menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik (parpol) lain agar bisa mengusung pasangan calon presiden ( capres) dan calon wakil presiden ( cawapres). 

Sebab, PKB yang memiliki sekitar 10 persen kursi di parlemen tidak bisa mengusung calon sendiri sehingga diperlukan koalisi untuk sampai pada ambang batas minimal presidential threshold (PT) 20 persen. 

Salah satu yang sudah dalam proses pendekatan adalah berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Cak Imin atau Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan
Cak Imin atau Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan (kolase Tribunnews)

Selain menjajaki koalisi dengan parpol lain, PKB juga sedang menjaring nama-nama potensial untuk diusung sebagai cawapres pendamping Gus Muhaimin

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, di antara nama tokoh yang masuk dalam radar PKB untuk diusung sebagai cawapres.

Baca juga: Kode PKS untuk Pilpres 2024, Sebut Nama Anies dan Muhaimin, Sekjen DPP : Kita Bikin Perjodohan Awal

Yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, Menteri Dalam Negeri yang juga mantan Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Ya tentu kita mendapatkan masukan dari masyarakat, kita lihat rekam jejak juga karena kita sudah memastikan Gus Muhaimin capres, tentu saatnya kita mencari cawapres.

Dari usulan nama yang masuk ada Pak Anies, Bu Sri Mulyani, Pak Tito Karnavian, Pak Andika, Pak Erick, juga Pak Sandi. Mereka semua ini saya rasa memiliki rekam jejak dan pengalaman yang mumpuni untuk menjadi cawapres," kata Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (wartakota)

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar cawapres Gus Muhaimin tersebut akan ditawarkan kepada parpol lainnya yang nantinya akan diajak koalisi dengan PKB untuk menjadi pasangan calon.

"Tentunya kalau kita berkoalisi, kita mengusung pasangan calon, kan harus kita pilih yang memiliki kans memenangkan Pilpres. Nama-nama tersebut kami yakin bisa dahsyat jika berpasangan dengan Gus Muhaimin yang juga punya basis elektoral kuat, utamanya di kalangan pesantren dan warga nahdliyin," tuturnya.

Baca juga: Sering Kritik Anies, Sosok Ini Blak-blakan Ingin Incar Kursi Gubernur DKI, KNPI: Siapa Mau Pilih Kau

Gus Jazil mengatakan bahwa di antara nama-nama yang muncul, nama Sri Mulyani bahkan sudah disebut langsung oleh Gus Muhaimin ketika wawancara dengan wartawan di sela Konser Kebangsaan Gus Muhaimin di Tangerang, Minggu (12/6/2022).

Meski begitu, nama tokoh lain seperti Anies Baswedan, Tito Karnavian, Andika Perkasa, Erick Tohir dan Sandiaga Uno juga sangat berpeluang untuk diusung. 

"Ya semua nanti akan kita bicarakan dengan parpol koalisi mana yang dianggap terbaik. Ya kita akan bawa nama-nama tersebut untuk kita pasarkan, kita tawarkan ke parpol koalisi," kata Gus Jazil.

Politikus asal Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur ini mengatakan bahwa saat ini proses penjajakan koalisi terus dilakukan. Selain dengan PKS, penjakakan juga dilakukan dengan sejumlah parpol lain seperti Partai Demokrat, Partai Gerindra dan lainnya. 

"Dengan Pak Arsul, PPP, saya juga kantornya satu lantai, sering komunikasi. Pak Muzani, Gerindra juga, Pak Syarif Hasan, Demokrat juga sama. Intinya kita terus berkomunikasi. Ini masih sangat cair. Yang penting bagaimana koalisi yang dibangun nanti bisa menang dan ada tujuan bersama untuk kepentingan masyarakat, itu kuncinya," kata Gus Jazil.

Artikel ini tayang di Tribunnews - Anies, Sri Mulyani, Tito hingga Andika Masuk Radar Cawapres PKB, Muhaimin Sudah Sebut Satu Nama Ini

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved