Dukung Pembangunan Tol Puncak, Plt Bupati Bogor Yakin Akan Berdampak Positif Pada Ekonomi Warga

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mendukung rencana pembangunan Tol di jalur Puncak Bogor.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Iwan Setiawan bicara soal penghapusan tenaga honorer saat ditemui di Rakernas Apkasi di Pullman Ciawi Vimala Hills, Kabupatan Bogor, Sabtu (18/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mendukung rencana pembangunan Tol di jalur Puncak Bogor.

Menurutnya dengan dibangunnya Tol Puncak ini akan lebih efektif dalam proses pembangunannya.

"Kalau saya pribadi lebih efektif tol. Karena satu, pendek (jaraknya), kedua infrastrukturnya tidak terlalu banyak koordinatif, paling yang saya lihat hanya dengan Perhutani, PTPN, negara juga, kemudian jalur itu tidak banyak para spekulan," ujarnya saat ditemui di Rakernas XIV Apkasi di Vimala Ballroom, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6/2022).

Dari penuturan Iwan Setiawan, kemungkinan akan ditemukan sedikit kendala dalam proses pembangunan kelak, karena tidak akan memakan puluhan hektar lahan dalam pembebasannya.

Hal itu berarti dalam proses pembangunannya akan lebih cepat dan efisien.

Ia pun tidak mengetahuin pasti mengapa pemerintah memilih membangun Tol Puncak di bandingkan melanjutkan proyek Puncak 2.

"Kalau di Puncak 2 ya kita lihat sendiri kan memang solusi juga, tapi saya juga nggak tahu alasan apa dari kementerian sampai kok pindah ke sini (Tol), mungkin jarak juga lebih dekat, resikonya tidak terlalu banyak untuk sosialisasi ke masyarakat, walaupun belum pasti titiknya mana, tapi udah tracking ya jalurnya jalur masyarakat biasa," bebernya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan dibangunnya Tol Puncak, tidak akan berpengaruh terhadap prekonomian masyarakat di Kawasan Puncak.

Kata Iwan Setiawan, exit Tolnya pun akan keluar di Gunung Mas, bukan di Cianjur.

"Kan hanya jalur jalan, bukan kayak Cipularang dulu Cianjur jadi sepi tuh karena jalur jalan orang ke Bandung lewat situ, rumah makan kan banyak yang tutup. kalau ini kan dampak secara ekonomi bakal positif," jelasnya.

"Karena mungkin ada wahana wisata baru yang terlewati oleh jalur itu, itu akan meningkat, karena saya lihat jalur pariwisata di Puncak itu belum maksimal, sebelah kanan masih bisa diberdayakan untuk pariwisata kalau ada bukan jalan tol," tambahnya.

Sebagai bentuk dukungannya, ia mengatakan sudah berkomunikasi dengan instansi pemerintahan terkait untuk membahas lebih dalam persoalan pembangunannya.

"Hari rabu udah janji dengan pihak kementerian, sekaligus ingin bahas lebih dalam soal itu, kita harus berbuat apa tanggung jawab apa tugasnya kita apa, kalau ini dianggap serius, kita harus mempersiapkan sebagai pemimpin wilayah, apa nih tugas kami. jangan sampai masyarakat nanya, kami tidak bisa menjawab," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved