Tak Lolos SBMPTN? Jangan Khawatir IPB University Buka Jalur Mandiri Loh!

Bagi calon mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN khususnya di IPB University.

Penulis: Siti Fauziah Alpitasari | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Siti Fauziah Alpitasari
IPB University buka jalur mandiri SBMPTN, Jumat (24/6/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) diumumkan, Kamis, (23/6/2022) pukul 15.00 WIB.

Bagi calon mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN khususnya di Institut Pertanian Bogor (IPB) tak perlu khawatir.

Ada beberapa jalur yang ditawarkan di IPB University yakni jalur mandiri Seleksi Masuk (SM) IPB University dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) Barat.

Jalur SM IPB University sudah dibuka sejak bulan 11 April lalu hingga 25 Juni 2022 besok, sedangkan SMMPTN Barat dibuka sejak 1 April dan akan  ditutup 28 Juni 2022.

“Jalur mandiri masuk IPB banyak. Ada jalur Ketua OSIS, jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN). Ada juga jalur mandiri berupa ujian tertulis yaitu SM IPB,” tutur Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DAPPMB) IPB, Dr Utami Dyah Syafitri kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (24/6/2022).

Lanjut Utami, mengenai persyaratan SM IPB terdapat dua yang perlu diperhatikan.

“Pertama untuk yang ikut ujian tulis harus dari jurusan IPA atau SMK yang berbasis IPA, sedangkan bagi yang menggunakan skor UTBK bisa dari selain non-IPA namun harus mempunyai skor SAINTEK/IPC.” ucap Utami.

Utami menambahkan, total penerimaan 4400 calon mahasiswa.

Kuota paling besar SNMPTN yaitu 40 persen, SBMPTN 35 persen dan jalur mandiri 25 persen. 

“Hanya saja, SMNPTN dan SBMPTN itu jalur nasional, jadi secara persaingannya ketat sekali. Biasanya yang tidak lolos dua jalur nasional tersebut akan kejar yang mandiri sebagai penyaringan terakhir,” jelasnya.

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di IPB ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua, berkisar Rp 2,4 juta hingga Rp 12 juta.

“Kalau dari jalur mandiri ada Biaya Pengembangan Infrastruktur dan Fasilitas (BPIF). Besarannya tergantung dari program studi, tapi secara umum sekitar Rp 23 juta dan dibayarkan sekali di awal masuk,” tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved