IPB University

Koordinasi Penanggulangan PMK, Tim Satgas IPB University Kunjungi KPBS Bandung

Kunjungan Tim Satgas PMK SKHB IPB University untuk koordinasi terkait penanganan PMK di KPBS Pangalengan.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Tim Satuan Petugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University lakukan kunjungan ke Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, Bandung. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tim Satuan Petugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University lakukan kunjungan ke Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, Bandung, belum lama ini.

Kegiatan kunjungan ini dalam rangka koordinasi terkait kegiatan Aksi Tanggap Darurat PMK IPB University. Tim Satgas yang melakukan kunjungan ini adalah Prof Agik Suprayogi dan drh Dedi Rahmat Setiadi, MSi.

Kunjungan Tim Satgas PMK SKHB IPB University disambut baik oleh Ir H A Tisna Umaran, MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung.

Dalam sambutannya, Tisna menyampaikan terima kasih kepada Tim Satgas PMK SKHB IPB University yang telah merespon permintaan penanganan PMK di Kabupaten Bandung, khususnya di KPBS Pangalengan.

“Mewabahnya PMK yang menyerang sapi perah milik anggota KPBS Pangalengan telah menimbulkan banyak kerugian bagi para peternak. Saat ini, sudah lebih dari 1.200 ekor ternak yang terindikasi terpapar PMK. Jumlah sapi yang terkena PMK terus bertambah setiap hari,” ujarnya.

Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung sedang menanti kedatangan obat dan vaksin.

“Obat-obatan inventaris yang ada, sudah kami distribusikan ke 20 Posko Kesehatan Hewan sehingga stok obat-obatan di dinas tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tisna menyampaikan bahwa penanganan wabah PMK membutuhkan tambahan tenaga medis veteriner. Pengiriman Tim Satgas IPB University, yaitu dokter hewan dan mahasiswa, sudah bisa dilakukan.

Tenaga medis ini nantinya akan membantu tim medis KPBS yang berada di Unit Pelayanan Kesehatan Hewan.

Ketua Tim Satgas SKHB IPB University, Prof Agik menyampaikan rencana kegiatan dalam bentuk konsultatif dan konseling dalam penanganan wabah PMK di Kabupaten Bandung ini.

Dalam kesempatan yang sama, Tim Satgas SKHB menyerahkan bantuan berupa disinfektan, alat injeksi, vitamin serta obat cacing.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved