Gaya Melatih Thomas Doll Dibocorkan Bek Persija Jakarta, Disandingkan dengan Shin Tae-yong di Timnas

Pemain belakang Persija Jakarta, Firza Andika mengatakan, Thomas Doll merupakan sosok pelatih yang disiplin.

Editor: Yudistira Wanne
Ig @firzaandika11
Bek kiri Persija Jakarta, Firza Andika sebelum mengeksekusi tendangan sudut. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Bek Persija Jakarta, Firza Andika membocorkan tentang gaya melatih Thomas Doll.

Firza Andika membeberkan bahwa Thomas Doll merupakan sosok yang tegas dan membentuk soliditas permainan di dalam tim yang sangat baik.

Lanjut Firza Andika, gaya kepemimpinan Thomas Doll serupa dengan apa yang diberikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca juga: Mengenal 2 Pemain Bundesliga Jerman yang Dikabarkan Merapat ke Persija Jakarta di Liga 1 2022

Firza yang juga sempat membela Timnas Indonesia U-23 kala berlaga di SEA Games ke-31 Vietnam itu juga merupakan rekrutan anyar Persija Jakarta.

"Pandangan saya sama. Sama-sama sangat keras mungkin, ya. Kami dilatih untuk memiliki mental (yang tangguh)," kata Firza dalam acara 'Meet and Greet Persija Jakarta' di Booth Rumah Indofood Jakarta Fair, Kamis (30/6/2022).

Firza Andika mengatakan banyak hal yang ia dapatkan setelah beberapa waktu dilatih oleh Thomas Doll.

Menurutnya, pelatih asal Jerman itu senantiasa menggembleng kondisi fisik pemainnya.

Tak hanya soal fisik, Firza Andika pun mengakui bahwa visi bermain dibawah asuhan pelatih dengan nama lengkap Thomas Jens Uwe Doll itu pun tak luput diperhatikan.

"Saya pribadi, latihan fisiknya, taktiknya, benar-benar beda dari latihan saya di klub ssbelumnya. Kita diajarkan harus punya fisik kuat, belajar memainkan bola bawah, dan bermain pendek," ujar mantan pemain Persikabo 1973 itu.

Baca juga: Bertemu The Jakmania di Jakarta Fair, 3 Pemain Persija Jakarta Sampaikan Harapan Jelang Liga 1 2022

Menyikapi tekanan sang pelatih yang mau tak mau harus ia tunaikan, Firza mengambil inisiatif untuk melatih fisiknya secara mandiri di luar dari sesi latihan Persija Jakarta.

"Saya tanpa disuruh pelatih juga tetap latihan, seperti jogging pagi, lari, sprint. Makanan sekarang (lebih) dijaga, apalagi Persija punya nutrisionis,"kata Firza.

Bersama Thomas Doll, Firza Andika pun mengatakan harus beradaptasi dengan formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh mantan pelatih Borussia Dortmund musim 2007/2008 tersebut.

"Menurut saya pribadi, karena kita sering pakai empat bek selama ini dan itu kita juga saya harus evaluasi dan harus bisa bermain 3-4-4, saya harus adaptasi,"tutur Firza.

"Karena sebelumnya kita empat bek, empat bek itu pakai timing, apalagi saya bek kiri. Nah ini tiga bek jadi harus naik turun, itulah kenapa harus punya fisik dan mental kuat,"lanjutnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved