SAH ! Indonesia Kini Punya 37 Provinsi, Tambah 3 Provinsi Baru di Papua, Apa Saja?

Indonesia total kini memiliki 37 provinsi, ada 3 provinsi baru yang seluruhnya berada di Papua

Kompas.com
ilustrasi - Peta Indonesia yang kini punya 37 provinsi, tambah 3 provinsi baru di Papua 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Indonesia total kini memiliki 37 provinsi, setelah sebelumnya cuma 34 provinsi.

Ada tiga provinsi baru di Indonesia yang seluruhnya berada di Papua.

Hal ini berdasarkan pengesahan Undang-Undang tentang daerah otonomi baru (DOB) yang dilakukan dalam rapat paripurna DPR RI pada Kamis (30/6/2022).

Adapun nama provinsi baru di Papua yang telah resmi dimekarkan adalah Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan Tengah.

Sementara untuk ibukota di masing-masing provinsi yaitu Nabire ( Papua Tengah), Merauke ( Papua Selatan), dan Jayawijaya ( Papua Pegunungan Tengah).

Dikutip dari Tribunnews, pada rapat paripurna yang digelar, seluruh fraksi di DPR menyatakan kesetujuannya terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) DOB yang sebelumnya telah disepakati di Komisi II DPR.

“Apakah RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?” tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco kepada peserta rapat.

Baca juga: Luncurkan TribunPapuaBarat.com, 64 Portal Berita Tribun Network Hadir di 34 Provinsi

Kemudian, anggota dewan yang hadir pun menyatakan setuju.

Pengesahan UU DOB ini pun dilanjutkan dengan penyampaian pandangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Dia menyatakan terima kasih atas dukungan serta kerjasama yang telah dilakukan DPR bersama pemerintah.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada yang mulia Ibu Ketua dan seluruh pimpinan dan anggota yang telah memberikan dukungan pandangan yang konstruktif serta kerjasama yang sangat baik,” tuturnya.

ICCTF - Bappenas, PKSPL IPB melakukan transpalasi terumbu karang dan rehabilitasi mangrove juga lamun di Distrik Batanta, Kampung Yensawai, Raja Ampat, Papua.
ICCTF - Bappenas, PKSPL IPB melakukan transpalasi terumbu karang dan rehabilitasi mangrove juga lamun di Distrik Batanta, Kampung Yensawai, Raja Ampat, Papua. (TribunnewsBogor.com)

Terpisah, Ketua DPR RI Puan Maharin mengungkapkan dukungan pihaknya atas pemerkaran di Papua agar menjamin hak rakyat Papuan dan pemerataan pembangunan.

“UU ini menjamin hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah yang bertujuan untuk pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia,” katanya dalam konferensi pers.

Total Jadi 37 Provinsi di Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved