Info Otomotif

Mengenal Ban Suntikan, Ban Bekas Disulap Jadi Seperti Baru di Sasak Panjang Bogor

Di sepanjang jalan di Sasak Panjang, banyak sekali tempat pembatikan untuk ban suntikan, jika dihitung mungkin lebih dari 10 tempat.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Eman (35) sedang melakukan pembatikan untuk ban suntikan di Sasak Panjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor (11/7/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAJURHALANG - Di Kampung Sasak Panjang, Desa Sasak Panjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, terdapat tempat pembuatan sekaligus ban suntikkan.

Bagi yang masih asing dengan jenis ban satu ini, jadi ban suntikan adalah ban bekas pemakaian yang diukir kembali motif alur yang disebut bunga pada ban kendaraan roda dua sehingga menyerupai ban baru.

Untuk proses pembuatan alur ini, bisa disebut juga pembatikan.

Di sepanjang jalan di Sasak Panjang, banyak sekali tempat pembatikan untuk ban suntikan, jika dihitung mungkin lebih dari 10 tempat.

Salah satu kios yang TribunnewsBogor.com sambangi adalah tempat Eman (35), ia mengaku sudah 10 tahun mengerjakan pembatikan untuk ban suntikan.

Jika melihat langsung prosesnya, memang terlihat sangat mudah, namun kata Eman, saat pengerjaannya tak semudah yang dilihat.

"Waktu awal itu kesulitan cara ngebatiknya, karena saya engga tau corak ban, karena udah polos banget, kita harus tau posisi coraknya dimana, karena engga ada gambar sama sekali," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (11/7/2022).

Selain itu, lanjut eman, kesulitan lain yang dihadapi adalah ketika membuat pisau khusus yang digunakan untuk mengukir alur ban.

Pasalnya, pisau tersebut merupakan modifikasi dari silet yang dibengkokkan kemudian diberi gagang kayu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved