PSSI akan Layangkan Surat Protes ke AFF Terkait Kontroversi Laga Thailand Vs Vietnam

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hari ini resmi menyampaikan surat protes ke Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF)

Editor: Damanhuri
Tribunnews.com
Mochamad Iriawan saat memberikan wejangan kepada Timnas U-19 usai latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022). PSSI akan melayangkan protes (Tribunnews.com/Alfarizy AF) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI) hari ini resmi menyampaikan surat protes ke Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) terkait laga Thailand vs Vietnam di fase grup Piala AFF U-19 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan hal tersebut saat ditemui di kantor Liga Indonesia Baru (LIB) yang berlokasi di Menara Mandiri, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Pada keterangannya, Iriawan mengatakan telah melayangkan surat protes ke pihak AFF karena merasa Timnas merasa Indonesia U-19 dirugikan oleh regulasi yang berlaku.

"Hasil rapat tadi kita akan ajukan protes ke AFF berkaitan fairplay. Kita tunggu apa hasil protes kota yang jelas tim kita merasa dirugikan meski regulasi ada. Sekali lagi regulasi sudah disepakati, meski STY ( Shin Tae-yong) katakan regualsi ini sudah usang," kata Mochamad Iriawan.

PSSI dalam waktu dekat akan segera menyampaikan surat protes tersebut, dan dibarengi dengan cuplikan penuh pertandingan Thailand vs Vietnam.

"Surat sedang dikonsep sekarang oleh tim legal dan tim kesekjenan. Diusahakan hari ini atau paling telat besok," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Tak hanya kepada AFF, Iwan Bule juga mengatakan surat tersebut akan ditembuskan juga kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

"Pasti tembusannya ada ke AFC dan FIFA agar mereka mengetahui juga dan kita kirim juga bukti rekamannya ke dua federasi tersebut baik AFC maupun FIFA," ujar Iriawan.

"Rekaman sudah siap, sudah diedit juga untuk diserahkan semua secara keseluruhan 2x45 menit dan juga yang sepuluh menit terakhir yang kita melihat ada yang tidak pas dalam permainan sepak bola, jarang sekali kan kita melihat itu," lanjutnya.

Mochamad Iriawan pun berharap AFF dapat melakukan investigasi secara menyeluruh dalam kontroversi ini, mengingat kejadian ini berpengaruh kepada kebersamaan negara Asean.

"Kami kan proses dulu sekarang, hasilnya kami tunggu. Masalah keluar atau tidak (keputusan), kami tidak bisa putuskan sekarang, karena ini menyangkut dengan kebersamaan negara asean," ucap Iriawan.

Sekadar informasi, hasil dari fase Grup A Piala AFF U-19 2022, Vietnam menjadi pemuncak klasemen dengan mengemas 11 poin, Vietnam mengoleksi 11 poin, dan Indonesia juga mengumpulkan 11 poin.

Secara produktifitas gol, Indonesia U-19 jauh lebih unggul dibandingkan dua tim di atasnya. Garuda Nusantara surplus 15 gol, Thailand surplus sembilan gol, dan Vietnam surplus 6 gol.

Sementara itu, fase Grup B Piala AFF U-19 2022, juara grup dikunci oleh Laos dengan koleksi sembilan poin, dan Malaysia menjadi runner-up dengam torehan tujuh poin.

(Alfarizy AF/M39)

 

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved