Longsor Tengah Malam, 2 Rumah di Cibogor Bogor Rusak Parah, Seorang Pria Langsung Dirawat

Bencana longsor di Kampung Gang Tarmidi, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, menyebabkan 2 rumah rusak dan satu orang luka.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Yudistira Wanne
Dokumentasi BPBD Kota Bogor
Tanah longsor yang menimpa dua rumah di Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Selasa (26/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Hujan dengan intensitas tinggi membuat dua unit rumah di Kampung Gang Tarmidi, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, longsor.

Berdasarkan informasi yang diterima, kedua rumah itu tertimbun material longsor Selasa (26/7/2022), sekitar pukul 02.00 WIB.

Tidak hanya itu, dalam waktu yang sama, dua pohon dengan tinggi mencapai 15 meter ikut ambruk dan terbawa tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Theofilo Patrocinio Freitas menjelaskan, kejadian ini bermula ketika tanah dengan panjang 10 meter dan 15 meter tergerus air hujan.

"Kejadian ini menyebabkan tanah longsor dengan panjang 10 meter dan tinggi 15 meter," kata Theo dalam laporan tertulis kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (26/7/2022).

Theo menambahkan, tanah yang tergerus air hujan, kemudian seketika longsor dan langsung menimpa rumah disekitarnya.

"Material tanah longsor ini lalu menimpa rumah milik Bapak Timbul Sitompul sehingga rumah tersebut saat ini tidak bisa dihuni.

"Material tanah longsor juga menimpa bagian kamar mandi dan atap rumah milik Bapak Ahmad Bela sehingga mengalami kerusakan," tambahnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor ini.

Namun, salah satu penghuni rumah tertimpa material longsor yang menyebabkan luka di bagian kepalanya.

"Tanah longsor juga menyebabkan terdapatnya korban luka atas nama Bapak Rian Sitompul (28 tahun). Korban mengalami luka sobek pada bagian kepala akibat tertimpa material tanah longsor. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor guna penanganan lebih lanjut," ungkapnya.

Adapun upaya asessment selanjutnya, kata Theo, saat ini, pihaknya sudah memasang terpal di areal tanah longsor.

"Perlunya pemasangan terpal dilokasi kejadian untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor susulan. Perlunya penanganan pohon yang tumbang akibat terbawa tanah longsor. Saat ini sudah selesai dilakukan," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved