Integrasi Data Peningkatan Pelayanan Kesehatan Cerdas, Terwujudnya Kota Bogor Smart Health City

Menjawab tantangan ini, untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, pemerintah telah membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Editor: Mohamad Rizki
Dinas Kesehatan Kota Bogor
Untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, pemerintah telah membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Di era 4.0 masyarakat sangat tergantung pada pemanfaatan teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupannya sehari-hari.  Hal ini selanjutnya menuntut organisasi sektor pelayanan publik untuk melakukan perubahan dengan melakukan transformasi digital.

Menjawab tantangan ini, untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, pemerintah telah membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tertuang dalam  Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Dalam bidang Kesehatan, Kementrian Kesehatan telah menetapkan 6 pilar transformasi Kesehatan yaitu transformasi layanan primer, layanan sekunder, layanan rujukan, system ketahanan Kesehatan, system pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan pilar ke enam adalah transformasi teknologi kesehatan yang meliputi bioteknologi dan teknologi infromasi.

Kegiatan prioritas teknologi Kesehatan meliputi Integrasi dan Pengembangan Sistem Data Kesehatan, Sistem Aplikasi Pelayanan Kesehatan dan pengembangan ekosistem teknologi Kesehatan.

Seiring dengan itu, Kota Bogor memiliki Visi Kota Ramah Keluaga, dengan misi  mewujudkan Kota Bogor yang sehat, cerdas dan sejahtera. 

Kota Cerdas (Smart City) merupakan kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Salah satu bagian dari smart city adalah smart health. Smart healthy city merupakan perwujudan Kota Sehat yang pelayanan Kesehatan dan pengelolaan sistem informasi kesehatannya memanfaatkan teknologi informasi secara optimal.

Penerapan konsepsi smart health di Kota Bogor di antaranya adalah penggunaan aplikasi kerja digital di Dinas Kesehatan, penggunaan berbagai media sosial meliputi website, intagram, youtube, facebook, twitter, sebagai media informasi Kesehatan, layanan telemedisin dan penerapan digitalisasi pembayaran retribusi di BLUD Puskesmas dan Labkesda, dengan menggunakan QRIS bekerja sama dengan BJB.

Dinas Kesehatan telah menyusun  Rencana Aksi Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved