'Ini Misi Bunuh Diri' Cerita Pengalaman Anggota Damkar Ciomas saat Evakuasi Sarang Tawon di Bogor

Pengalaman anggota Dinas Pemadam Kebakaran Ciomas bertugas bertaruh dengan maut

TribunnewsBogor.com/Reynaldi
Kantor Unit Damkar Sektor Ciomas di Jalan Raya Ciomas No.313, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Senin (1//8/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIOMAS - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Ciomas yang berlokasi di Jalan Raya Ciomas No.313, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, menceritakan pengalaman uniknya saat menjalankan tugas.

Tugas tersebut dilakukan oleh anggota Regu 3 Damkar Sektor Ciomas saat mengevakuasi sarang tawon di daerah Jalan Ledeng Sindangsari, Kelurahan Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, pada beberapa waktu lalu.

Wakil Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Budi Faturachman mengatakan bahwa pengalaman unik sekaligus menegangkan saat itu ketika mengevakuasi sarang tawon di atap rumah warga di wilayah Gunungbatu.

"Awal tiba-tiba ada bapak-bapak datang ke sektor, dia cerita kalo sodaranya mukanya bengkak semua disengat lebah," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, di kantor Damkar Sektor Ciomas, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, saat itu pemilik rumah berinisiatif untuk membakar sarang tawon dengan menggunakan obor.

Tetapi, tawon tawon yang dibakarnya malah berterbangan hingga menyengat wajah sang pemilik rumah.

"Yaudah waktu itu Regu 3 dari Ciomas langsung berangkat, pas kita cek sarangnya bener aja udah ada lubang besar," ujarnya sambil tertawa.

Saat dicek dan keadaan sarang tawon sudah berlubang besar, Budi Faturachman bersama anggotanya pun sempat kebingungan untuk mengevakuasi sarang tersebut.

Kebingungannya melihat kondisi sarang sudah seperti itu, ditambah lagi kondisi wajah sang pemilik rumah yang sudah bengkak disengat lebah.

Budi Faturachman mengungkapkan bahwa dengan keadaan seperti itu, Regu 3 tetap harus melanjutkan tugasnya untuk mengevakuasi.

"Saya bilang ke temen-temen regu kalo ini misi bunuh diri, jadi tetep kita evakuasi sampai akhir," katanya.

Setelah evakuasi sarang tawon, ternyata dua anggota dari Regu 3 Damkar Ciomas terkena dampak sengatan tersebut.

Evakuasi pun berjalan cukup sulit saat itu, dikarenakan petugas Damkar harus berjibaku dengan lebah yang berterbangan.

Budi Faturachman mengatakan bahwa rekap laporan penyelamatan dan kebakaran yang ditangani oleh Damkar Sektor Ciomas pada bulan Juli lalu merupakan salah satu yang terbanyak di Kabupaten Bogor.

"Di bulan Juli kita menangani empat unit rumah tinggal dan dua unit tempat usaha yang terbakar, satu evakuasi hewan berbahaya dan enam penyelamatan atau kebakaran lainnya," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved