Perpanjang Kerjasama dengan AIOU Pakistan, UT Bogor Bahas Beberapa Bidang Program

Penjajakan kerjasama yang dilakukan oleh dua universitas ini, merupakan bentuk perpanjangan kerjasama yang sudah dilakukan pada tahun 2019 lalu.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Universitas Terbuka (UT) Bogor lakukan kerjasama dengan AIOU Pakistan, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Universitas Terbuka (UT) Bogor jajaki kerjasama dengan Alama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan.

Penjajakan kerjasama yang dilakukan oleh dua universitas ini, merupakan bentuk perpanjangan kerjasama yang sudah dilakukan pada tahun 2019 lalu.

Kerjasama yang akan dilakukan ini, untuk mengembangkan mutu kualitas pendidikan dari Universitas Terbuka Bogor.

Wakil Rektor 4 UT Rahmat Budiman menjelaskan, ada beberapa bidang yang akan dilakukan kerjasama pada tahun 2022 ini.

Kerja sama itu yang saat ini akan diperbaharui antara lain kerjasama di bidang penelitian dan pengajaran.

"kita sudah mengidentifikasi beberapa bidang yang akan kita lakukan kerjasama. Diantaranya bidang penelitan, dan bidang pengajaran. Pengajaran ini mungkin nanti termasuk ada dual program yang ditawarkan UT," kata Rahmat kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (4/8/2022).

Dibidang pengajaran, dalam kerjasama yang dilakukan antara dua uiversitas ini, nantinya UT dan AIU akan melakukan program dual program.

"Jadi ini adalah momen untuk memperpanjang kerjasama kita sejak tahun 2019. Pengajaram ini mungkin nanti termasuk ada dual program yang ditawarkan UT," sambungnya.

Sementara itu, dibidang penelitian, kerjasama UT ini dilakukan dalam program postdoctoral.

Dimana, dalam postdoctoral ini, membuka kesempatan antara staf UT yang sudah meraih gelar doktor untuk menggali pengalaman di AIU.

"Kemarin ditawarkan pos doctroal program untuk staf UT. Sehingga dengan demikian, staf UT dan Mahasiswa UT yang sudah menyelesaikan gelar doktor bisa menggali pengalaman lebih dalam lagi teman teman disana.  Dan kita UT pun membuka diri untuk membuka posdoctoral untuk AIU," tambahya.

Meski begitu, kerjasama yang akan diperbaharui pada tahun ini, kata Rahmat, tidak memengaruhi kerjasama yang sudah dilakukan.

Dimana, semenjak tahun 2019, UT dan AIU ini sudah banyak melakukan kerjasama di bidang penelitian.

Namun, kerjasama 3 tahun silam ini, sempat tertunda dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang marak terjadi pada saat itu.

"Yang sudah berjalan lama itu UT mengirimkan staf kesana. Sehingga sudah 3 tahun ini menerima satu orang setiap tahun dosen dari sana untuk datang ke UT melakukan kerjasama. Biasanya yang kita lakukan menyusun program proposal penelitian," tandasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved