Mendagri Apresiasi Langkah Bima Arya Wajibkan ASN Gunakan Pakaian Dinas Produk Lokal

Bima menyatakan, dengan adanya kebijakan yang pro terhadap industri kreatif lokal ini maka akan mampu menghasilkan perputaran uang yang luar biasa

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Bima Arya dalam Penutupan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/8/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengapresiasi langkah Wali Kota Bogor Bima Arya yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan pakaian dinas casual produk lokal setiap Selasa.

Menurut Tito, kita semua perlu mendorong produksi dalam negeri dan menggunakan produk lokal agar menjadi raja di negeri sendiri. 

"Saya ngobrol dengan Kang Bima. Katanya beliau mau bikin (peraturan) tiga seragam lokal.

Saya cerita di Bali, ada satu hari tertentu Gubernur Bali mewajibkan semua masyarakatnya menggunakan pakaian adat Bali. Beliau menyampaikan UMKM kain sarung, topi, baju bali hidup semua.

Jawa Tengah saya sampaikan dua hari pakaian adat nusantara, dan pakaian adat Jateng," ujar Tito saat memberikan sambutan dalam Penutupan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/8/2022).

Tito menjelaskan, Kota Bogor juga sudah membuat peraturan pakaian adat dan batik dua kali dalam seminggu.

Namun, ditambah satu hari lagi untuk menggairahkan industri kreatif anak muda atau distro.

"Satu hari lagi kasual. Hanya katanya terbentur peraturan Mendagri. Saya bilang ajukan ke saya, saya tanda tangan untuk mengubah kalau itu untuk kepentingan yang baik.

Kita tahu spiritnya bapak Presiden adalah produksi dalam negeri. Aturan bisa diatur, bisa diubah sepanjang untuk kepentingan spirit produksi dalam negeri," tandas mantan Kapolri ini.

"Bapak-bapak (para wali kota) yang lain juga punya ide-ide lain silahkan. Yang bisa kita fleksibelkan, ya di fleksibelkan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved