IPB University

Kenalkan Akuakultur, Himakua IPB University Kembali Hadirkan Aquafest 2022

Aquafest 2022 IPB University bertujuan agar membuat potensi dunia akuakultur semakin bersinar dan masyarakat semakin mengenal apa itu akuakultur.

Editor: Tsaniyah Faidah
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
Ilustrasi Aquafest 2019 - Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) IPB University kembali menggelar Aquaculture Festival (Aquafest) pada tahun 2022. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) IPB University kembali menggelar Aquaculture Festival (Aquafest) pada tahun 2022.

Acara rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2010. Kini, Aquafest kembali hadir dengan kegiatan yang tak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tujuan utama dari Aquafest adalah memperkenalkan kepada masyarakat mengenai akuakultur. Mulai aspek fundamental hingga mencapai skala usaha. Program ini terus digalakkan dengan harapan kegiatan akuakultur dapat lebih dikenal masyarakat,” ungkap Annisa Safarah Jefrie, mahasiswa IPB University, salah satu panitia Aquafest 2022.

Tahun ini Aquafest mengangkat tema ‘The Shining World of Aquaculture’. Terdapat tujuh kegiatan yang akan diselenggarakan pada Aquafest 2022.

Semua rangkaian itu bertujuan agar membuat potensi dunia akuakultur semakin bersinar dan masyarakat semakin mengenal apa itu akuakultur.

Dalam rangka memperkenalkan akuakultur kepada masyarakat umum, akan digelar Aquaculture Student Conference, merupakan konferensi antar mahasiswa berskala internasional.

Kegiatan ini akan mengangkat peran generasi muda dalam perkembangan akuakultur di berbagai negara.

“Selain itu, akan ada pula workshop bertajuk Pengaplikasian Probiotik pada Pertumbuhan dan Kesehatan Udang dan Seminar tentang Strategi Sukses Budidaya Udang di Tengah Perubahan Kondisi Lingkungan. Semua ini guna menambah wawasan mengenai budidaya udang yang ada di Indonesia,” terang Annisa.

Aquafest 2022 juga mengadakan Quick Setting Aquascape (QSA) untuk memperkenalkan seni akuakultur melalui pembuatan akuaskap dengan tujuan meningkatkan kreativitas masyarakat.

Tak hanya itu, diselenggarakan juga talkshow seputar akuakultur dengan tema Peluang Usaha Ikan Hias Asli Indonesia.

Talkshow ini memberi peluang besar kepada masyarakat yang ingin memperdalam pengetahuannya mengenai usaha ikan hias.

Narasumber merupakan orang-orang berpengaruh dan ahli dalam bidang ikan hias di Indonesia.

“Hal yang tak kalah menarik dari Aquafest 2022 yaitu dan Goldfish Contest. Sebuah kontes untuk memperkenalkan keindahan ikan hias mas koki kepada masyarakat. Nantinya juga akan ada Aquabooth (Aquaculture Market), sebagai wadah yang menampilkan beragam informasi dari pihak sponsor, media partner, start-up, usaha kuliner hingga perusahaan di bidang akuakultur,” jelas Annisa. 

Seluruh rangkaian acara tersebut akan digelar pada tanggal 17, 18, 24 dan 25 September 2022 mendatang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved