Sirkuit Sentul Bogor Punya Sejarah Penting, Ketua Umum KONI Pusat Minta Semua Pihak Bergerak

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman berharap Sentul Internasional Sirkuit mendapat perhatian.

Editor: Yudistira Wanne
Warta Kota/Alex Suban
Ilustrasi Sentul Internasional Sirkuit diharapkan dapat segera direnovasi. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman berharap Sentul Internasional Sirkuit mendapat suntikan dana dari Investor guna renovasi.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Marciano Norman saat ditemui dalam ajang KONI Otomotif Fair 2022 yang berlokasi di Sirkuit Sentul, Rabu (17/8/2022).

Marciano mengatakan, Sirkuit Sentul telah menjadi bagian dari sejarah olahraga bermotor di Indonesia dan telah meninggalkan catatan gemilang di masa lampau.

Medio 1997 Sirkuit Sentul bahkan pernah menjadi ajang MotoGP 250cc bertajuk Marlboro Indonesia Grand Prix 97'.

Diketahui, Max Biaggi pun berhasil menduduki podium pertama di ajang tersebut.

Tak hanya Max Biaggi, pembalap kawakan asal Italia, Valentino Rossi pun pernah mencicipi gelar juara saat tampil di Sirkuit Sentul pada gelaran GP Indonesia pada tahun 1997.

Kala itu, Valentino Rossi menjalani musim keduanya di Grand Prix kelas 125cc bersama tim Aprilia.

"Sentul ini punya sejarah tentang peningkatan di dalam olahraga motor di Indonesia, oleh karena itu dengan kondisi Sentul yang seperti ini, kita harus tergerak," ujar Marciano Norman kepada awak media.

"Ini harus kita kembalikan, lokasinya strategis, tempatnya juga memenuhi syarat, kita lakukan perbaikan, saya mengundang investor-investor yang tertarik dalam olahraga bermotor bisa berkerja sama dengan Sentul Internasional Sirkuit, tanpa bantuan investor akan sulit," lanjutnya.

Menurut Marciano, dengan kondisi Sirkuit Sentul yang nantinya akan membaik, tentu akan mengundang event-event besar, termasuk agenda pemerintah.

Pria berusia 67 tahun itu pun berharap Sirkuit Sentul tetap menjadi perhatian meski Indonesia baru saja memiliki Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Pada saat kondisinya membaik, pasti Kemenpora bekerja dengan IMI akan menggelar event- event yang kualitasnya makin meningkat," kata Marciano.

"Pada akhirnya nanti kalau kita punya sirkuit sekelas Mandalika, ini juga kan harus disentuh, diberikan perhatian, supaya nanti bisa melahirkan atlet-atlet dunia," harapnya.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved