Ikut Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), MDC Bogor Gelar Imunisasi Anak dan Penyuluhan

Melli Darsa Center gelar imunisasi anak dan penyuluhan kesehatan dalam rangka ikut sukseskan bulan imunisasi anak (BIAN) khususnya di Kota Bogor

Istimewa
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim bersama Melli Nuraeni Darsa pendiri Melli Darsa Center pada saat acara imunisasi anak dan penyuluhan kesehatan dalam rangka peresmian Melli Darsa Center Kota Bogor, Rabu (17/8/2022) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemerintah Indonesia tengah gencar melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di sepanjang bulan Agustus 2022 ini.

Hal ini adalah upaya Pemerintah untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit, antara lain Polio, Hepatitis B, Campak, dan Rubella.

Mendukung upaya nasional ini, Yayasan Saraswati Nuraeni Murdisah, sebuah yayasan yang befokus pada kegiatan sosial kemasyakatan dibawah naungan Melli Darsa Center (MDC) menggelar imunisasi Campak dan Rubella serta penyuluhan kesehatan bagi para orang tua pendamping dalam rangka syukuran dan peresmian Melli Darsa Center di Kota Bogor.

Imunisasi dan penyuluhan kesehatan yang digelar bertepatan dengan momen Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 pada hari Rabu (17/8/2022) tersebut, dihadiri lebih dari 200 orang peserta imunisasi dan penyuluhan dengan mengusung tema 'Generasi Emas Menuju Indonesia Emas'.

Acara diadakan di Melli Darsa Center Bogor dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor Rusli Prihatevy, Pendiri Melli Darsa Center Melli Nuraeni Darsa, Kepala Camat Bogor Tengah Kota Bogor Abdul Wahid, Kepala Lurah Kebon Kalapa Budi Djunaedi, Kepala Puskesmas Merdeka Dr. Okidyah Zulfikar, berikut jajaran dan perangkat pemerintah daerah Kota Bogor.

Baca juga: Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022, Yane Ardian: Imunisasi Penting Untuk Investasi Kesehatan

“Mewakili masyarakat Bogor, kami mendukung kepulangan Ibu Melli Darsa kembali ke Kota Bogor dan kami senang orang-orang yang sudah melanglang buana seperti Ibu kembali berkarya di Kota Bogor. Tinggal bagaimana Ibu Melli mengajak masyarakat menjalani gaya hidup yang lebih sehat, sebab di tahun 2045 Indonesia menargetkan generasi emas, yang kira-kira 23 tahun lagi. Anak-anak yang saat ini mengikuti kegiatan imunisasi hari ini, Insya Allah di tahun 2045 sudah ada yang menjadi pejabat, dengan kita menjaga mereka, termasuk dengan kegiatan imunisasi ini, kita juga menjaga masa depan generasi emas Indonesia,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dedie Rachim, berharap dengan hadirnya Melli Darsa Center ini, dapat memberikan manfaat nyata dengan program serta kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bogor.

Pendiri Yayasan Saraswati Nuraeni Murdisah dan Melli Darsa Center, Melli Nuraeni Darsa, mengungkapkan bahwa sudah lama dirinya dan keluarga ingin berkontribusi lebih nyata bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat Kota Bogor dimana keluarganya berasal dan berakar.

Baca juga: Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022, Yane Ardian: Imunisasi Penting Untuk Investasi Kesehatan

“Akar keluarga besar kami ada di Bogor. Saya ini sebenarnya kembali ke rumah, kota kelahiran saya dan dibesarkan dengan nilai-nilai masyarakat Sunda yang kental, dan nilai-nilai ini terus melekat pada diri di mana pun berada. Tekad saya dan keluarga untuk berkontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama Kota Bogor, Kota yang kita cintai dan kita banggakan, dan langkah awal untuk mewujudkan tekad itu, kami awali di Kota Bogor dengan menghadirkan Yayasan Saraswati Nuraeni Mudirsah dibawah naungan Melli Darsa Center,” tutur Melli Nuraeni Darsa.

Sebagai informasi, program dan aktivitas sosial kemasyarakatan yang menjadi fokus dari Melli Darsa Center (MDC) akan mencakup Kesehatan, Bantuan Hukum, Edukasi, Sosio-Ekonomi, dan Ekologi.

“Yayasan Saraswati Nuraeni Mudirsah didirikan atas kenangan Ibu saya, bertepatan 1 Maret tahun lalu. Beliau adalah inspirasi bagi saya. Saya sebagai perempuan sangat menginginkan mempunyai suatu tempat yang dikhususkan untuk ibu dan anak-anak, karena pilar daripada bangsa adalah perempuan,” jelas Melli Nuraeni Darsa.

Melli Nuraeni Darsa lebih lanjut mepaparkan latar belakang pribadi mengapa lamgkah awal Melli Darsa Center memilih tema kesehatan.

“Saya teringat kepada Ibu saya yang lahir pada zaman perang di mana belum ada vaksin, dan saat itu terjadi pandemi Polio sehingga Ibu saya termasuk yang terkena Polio. Dan itu menggaris bawahi betapa pentingnya kita sebagai orang tua senantiasa memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan imunisasi tepat waktu, sehingga dapat hidup secara optimal,” terangnya.

Baca juga: Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, Upaya Tingkatkan Cakupan Imunisasi Pada Anak

Kegiatan ini diselenggarakan bertepatan dengan Bulan Imunisasi Nasional yang juga bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Lebih lanjut Melli memaparkan bahwa Melli Darsa Center ini dapat menjadi rumah bersama untuk berkolaborasi bersama yang digunakan oleh masyarakat sekitar meskipun kegiatan dan program yang akan dimulai pada pertengahan bulan September.

Melli juga berharap kegiatan dan program yang ada dapat menjadikan Kota Bogor lebih baik lagi ke depannya.

Di sisi lain, Lurah Kelurahan Kebon Kalapa, Budi Djunaedi yang turut hadir dalam acara tersebut pun mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran Melli Darsa Center masyarakat Kota Bogor.

“Kami menyambut baik kehadiran Melli Darsa Center di tengah-tengah masyarakat Kota Bogor. Kami siap berkolaborasi dengan teman-teman MDC ke depan dalam kegiatan untuk membantu masyarakat,” tandas Budi Djunaedi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved