Peringati Kemerdekaan RI ke-77, IHGMA dan Bima Arya Bebersih Sungai Ciliwung dari Sampah Plastik

Ketua IHGMA Chapter Bogor Raya, Sri Indah menyatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022.

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Para manajer dan karyawan yang tergabung di Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Bogor Raya bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya bebersih sungai Ciliwung dari sampah plastik dalam acara Clean Up Day ‘A Day Without Plastic’ di Delta 15 Ciliwung RT.007 RW.15, Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (16/8/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Para manajer dan karyawan yang tergabung di Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Bogor Raya bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya bebersih sungai Ciliwung dari sampah plastik dalam acara Clean Up Day ‘A Day Without Plastic’ di Delta 15 Ciliwung RT.007 RW.15, Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (16/8/2022).

Ketua IHGMA Chapter Bogor Raya, Sri Indah menyatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022.

“IHGMA seluruh Indonesia bergerak bersama dalam kegiatan yang bertemakan Clean Up Day. Untuk kami di Bogor, alasan melaksanakan kegiatan di Sungai Ciliwung tidak terlepas dari ikhtiar kami untuk berkontribusi dalam membantu salah satu program prioritas Pemkot Bogor terkait sampah. Kalau dulu para pahlawan berjuang mengusir penjajah, kalau kita berkarya dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai dari sampah plastik,” katanya.

Langkah kecil yang dilakukan IHGMA Chapter Bogor Raya dalam bentuk kegiatan tersebut diharapkan menjadi agenda rutin yang bisa membawa satu perubahan bagi IHGMA Chapter Bogor Raya sendiri dan masyarakat Kota Bogor.

Ke depan dirinya juga berharap agar hotel-hotel di Kota Bogor bisa mengurangi sampah plastik. Saat ini sudah ada beberapa hotel di Kota Bogor yang menerapkan pengurangan sampah plastik, beberapa diantaranya sudah tidak menyediakan minuman dalam kemasan botol plastik, menggunakan sedotan yang terbuat dari gandum dan tepung tapioka serta sikat gigi yang terbuat dari gandum.

“Ikhtiar yang telah dilakukan hotel-hotel di Kota Bogor semoga bisa menular ke hotel-hotel lain di Bogor khususnya dan Indonesia umumnya.

Keinginan kita dari program ini ke arah sana, mengingat daur ulang sampah plastik itu membutuhkan waktu yang sangat lama,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Denni Wismanto menjelaskan, ini adalah kolaborasi antara PHRI Kota Bogor dan hotel-hotel di Kota Bogor dalam rangka bersih-bersih Sungai Ciliwung sekaligus sosialisasi.

Para manajer dan karyawan yang tergabung di Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Bogor Raya bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya bebersih sungai Ciliwung dari sampah plastik dalam acara Clean Up Day ‘A Day Without Plastic’ di Delta 15 Ciliwung RT.007 RW.15, Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (16/8/2022).
Para manajer dan karyawan yang tergabung di Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Bogor Raya bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya bebersih sungai Ciliwung dari sampah plastik dalam acara Clean Up Day ‘A Day Without Plastic’ di Delta 15 Ciliwung RT.007 RW.15, Villa Bogor Indah, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (16/8/2022). (Istimewa/Pemkot Bogor)

“Semoga kegiatan ini menjadi contoh untuk masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah ke sungai,” harapnya.

Camat Bogor Utara, Riki Robiansah menyampaikan apresiasi yang dilakukan IHGMA Chapter Bogor Raya.

Dia berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan secara periodik dalam satu bulan bukan sekedar seremonial saja.

Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan para peserta dengan menggunakan karung selanjutnya diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor untuk diolah.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved