Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan Harus Diutamakan, Disbudpar Kabupaten Bogor Minta Ini ke DPRD

Ike Selviany, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kabupaten Bogor menjelaskan, Undang-undang Cagar Budaya.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Ike Selviany, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kabupaten Bogor menjelaskan, usulkan pelestarian dan pemajuan kebudayaan menjadi Perda (19/8/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor.

Ike Selviany, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kabupaten Bogor menjelaskan, di dalam draft Raperda yang diserahkan, isinya mengatur tentang pelestarian dan pemajuan kebudayaan.

Di mana dalam Raperda tersebut, kata Ike Selviany, terdapat perpaduan antara Undang-undang Cagar Budaya dan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan.

"Kenapa kita ambil menyatukan dua undang-undang, karena sebenarnya walaupun ada beberapa perbedaan yang signifikan tapi bahasanya tetap tentang pemajuan kebudayaan, hanya saja yang satu mengatur benda, yang satu lebih mengatur tak benda nya," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (19/8/2022).

Ike Selviany melanjutkan, Raperda ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian dan pemajuan Budaya di Kabupaten Bogor.

"Akan lebih bagus lagi walaupun lebih banyak adopsi dari undang-undang, tapi kan untuk memperlihatkan keseriusan daerah bahwa kita juga harus mengatur kearifan lokal dibidang kebudayaan, makanya bagusnya kita punya perda yang mengatur tentang kebudayaan," katanya.

"Isinya sebenarnya tidak akan jauh dari undang-undang, hanya menyesuaikan dengan kearifan lokal Kabupaten Bogor," tambahnya.

Selain menjaga Cagar Budaya, Raperda ini juga nantinya akan mengatur mengenai tim ahli cagar budaya, kriteria pengurus cagar budaya hingga penghargaan yang diberikan bagi para budayawan dan seniman.

Dengan harapan bisa menjadi pedoman dalam pelestarian kearifan lokal dan cagar-cagar budaya di Kabupaten Bogor.

"Harapannya bahwa dengan Perda ini memang akan bisa menjadi pedoman untuk khususnya pemerintah dalam melakukan kegiatan pemajuan kebudayaan, dan juga menjadi pedoman juga bagi pelaku maupun masyarakat kabupaten bogor jadi pelestarian dan pemajuan kebudayaan ini bisa jalan sesuai dengan aturan yang ada," ucapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved